Jambore Cabang Pertama Kwartir MBD Dibuka Bupati Noach

Pemerintahan

Tiakur,CakraNEWS.ID- Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T membuka secara resmi kegiatan Jambore Cabang Pertama Kwartir Cabang Maluku Barat Daya yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Tiakur, Selasa (28/06/2021)

Bupati dalam sambutannya menyatakan, Jambore cabang pertama merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perkemahan besar dan sebagai sarana pembelajaran bagi anggota pramuka untuk melati  kemandirian.

“Jambore ini diharapkan agar dapat menjaga kebersamaan, kerukunan serta rasa persaudaraan dan cinta kasih sehingga nantinya akan terwujud sebuah keserasian serta kekompakan,” ungkapnya.

Bupati mengingatkan para peserta jambore terkait dengan perkembangan teknologi informasi di era milenial yang mengakibatkan lunturnya nilai-nilai budaya daerah, kaburnya jiwa nasionalisme serta hilangnya wawasan kebangsaan bagi generasi muda.

Perihal itu, Bupati menginginkan, peserta jambore mengingat kembali semangat pahlawan yang dulu berkorban karena di sana memuat banyak nilai-nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti nilai patriotisme, gotong royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai serta tanggung jawab.

“Harapan saya, Pramuka mampu menjadi garda terdepan bagi anak-anak dan dapat membawa ide-ide segar, pemikiran yang kreatif dan inovatif serta memiliki daya saing dalam kancah regional, nasional dan global sehingga dapat melahirkan solusi-solusi dan permasalahan-permasalahan daerah, bangsa maupun dunia,” ungkapnya.

Anggota pramuka juga diharapkan menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik dan berkompeten dari pemimpin masa kini agar dapat mendorong terjadinya transformasi bagi daerah dan bangsa ini kearah yang lebih baik melalui perubahan, perbaikan dan pengembangan.

Bupat mengakui, Jambore Cabang pertama ini juga merupakan ajang kompetisi yang akan memilih perwakilan Kwarcab Maluku Barat Daya menuju Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat.

Sekedar diketahui, Jambore cabang ini diikuti oleh regu penggalang Kwartir Ranting PP. Terselatan, Pulau Leti dan Pulau Moa dengan jumlah peserta sebanyak 173 orang. Hadir dalam kegiatan ini, Kapolres MBD, Dandim 1511 Pulau Moa, Para Asisten, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Kab. MBD, Ketua Klasis Lemola, Ketua Majelis Jemaat Moain dan undangan lainnya.*CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.