Kapolda Kepri Tuturkan, Kisah Sejarah 2 Tokoh Pemuda Lingga Kibarkan Sang Merah Putih Pertama Di Bunda Tanah Melayu

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Jangan sekali-kali melupakan sejarah (JASMERAH), sebuah ungkapan bahasa yang di ucapkan Founding Father Bung Karno, Sang Proklamator, saat memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945.

Seiring berjalannya zaman, terselip sebuah kisah sejarah perjuangan dua Tokoh Pemuda Asal Lingga, Mochtar Effendi dan Tengku Mohamad Soleh, yang berjuangan dengan gigih dan berani melawan Imperial Kolonial Belanda dan Inggris, demi mengibarkan sang merah putih pertama kali, di Bunda Tanah Melayu, Bumi Segantang Lada (Sebutan Kepri) pada tanggal 29 Desember 1949.

Sebagai daerah strategis, wilayah Kepulauan Riau menjadi daerah perebutan oleh para penjajah, sebagaimana dalam catatan sejarah, kita kenal ada perebutan antara Imperial Kolonial Belanda dan Inggris akan konsesi Daerah Kepulauan Riau. Sehingga perjuangan para Pahlawan untuk mengibarkan bendera merah putih di Kepulauan Riau di brangus oleh pihak penjajah.

Baru pada tanggal 29 Desember 1949, setelah proses Konferensi Meja Bundar pada tanggal 23 Agustus, sampai tanggal 2 November 1949, ada dua pemuda yang gagah berani mengkomunikasikan dengan Pemerintah RI yang ada di Jakarta. Gedung Daerah atau yang dikenal saat itu Recindent Riau merupakan saksi sejarah.

Di depan Residen Riau berdiri tugu Proklamasi yang di didirikan untuk mengenang sejarah mengenai pengibaran sang merah putih di Kepri yang dipelopori oleh dua pemuda gagah berani, Tokoh dari Lingga, Mochtar Effendi dan Tengku Mohamad Soleh. Disisi lain pengetahun mengenai sejarah pengibaran bendera di Kepri, masih ada upaya-upaya mengadu domba (Devide of Imperra).

Ada masyarakat yang menyarankan Kepri pada saat itu masuk dalam Federasi Malaya, tetapi berkat inisiatif dari 2 Tokoh Pemuda tersebut  dan keinginan segenap masyarakat Kepri, menyatakan bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

“Sebagai pewaris kemerdekaan,kita jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah. Agar seluruh personel Polda Kepri memahami,menghayati  dan menyatukan hati dan pikiran untuk meneguhkan komitmen dengan meningkatkan kualitas SDM sehingga pada akhirnya Indonesia menjadi unggul,”ungkap Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.IK, selaku Inspektur Upacara mengawali pembacaan Amanat Kapolri pada upacara Peringatan HUT Proklamasi RI ke-74 di Mapolda Kepri, Sabtu (17/8/2019).  (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *