Kapolda Maluku Kagumi Budaya Ramah Tamah, Tradisi Masyarakat Maluku Sambut Tamu Negara

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Budaya ramah-tamah yang menjadi tradisi masyarakat Maluku dalam menyambut tamu dari luar Maluku, menjadi kekaguman tersendiri bagi Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol.Lotharia Latif.

Kekaguman akan tradisi masyarakat Maluku tersebut, di ungkapkan Kapolda Maluku, saat melaksanakan pengamanan, kunjungan Presiden RI, Ir,Joko Widodo, di tiga Kabupaten di Provinsi Maluku,Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

“Inilah budaya orang Maluku, yang selalu ramah-tamah dalam menyambut setiap tamu yang datang, apalagi seorang Kepala Negara, sangat luar biasa saya melihatnya,” ungkap Kapolda Maluku di sela-sela pendampingi pengamanan Presiden RI, Kamis (15/9/2022).

Kapolda mengajak seluruh masyarakat di Maluku agar budaya keramahtamahan ini tetap dijaga dan dilestarikan. Karena dengan begitu, Maluku akan selalu dibanjiri dengan orang yang datang sebagai wisatawan dan lain sebagainya.

“Mari sama-sama kita menjaga daerah Maluku tercinta ini agar tetap aman, damai dan sejahtera. Mari kita terus menjaga kamtibmas agar selalu kondusif. Sebagai tuan rumah yang baik mari kita tunjukkan kesantunan dan keramahtamahan rakyat Maluku,” tutup Kapolda.

Untuk diketahui,usai melaksankan kunjungan kerja di Kabupaten Malra dan Kota Tual, Presiden RI, Ir Joko Widodo, yang di damping ibu negara, Ny.Iriana bersama rombongan, kembali melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat ATR 72-600 Citilink dari Bandara Karel Sadsuitubun, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, menuju Bandara Rar Gwamar, Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.

Selain di damping Ibu Negara, dalamkunjungan kerja di tiga Kabupaten dan Kota di Provinsi Maluku, Presiden RI, juga di damping beberapa Menteri, diantaranya, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dengan Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono.

Sejumlah agenda kerja telah dilaksanakan Presiden Jokowi di dua daerah tersebut. Seperti mengunjungi pasar, menyapa masyarakat, pembagian bantuan sosial berupa sembako dan BLT BBM kepada masyarakat penerima manfaat. Presiden juga meresmikan jembatan gantung Wear Fair, penghubung kota Tual dan kabupaten Maluku Tenggara.

Di hari kedua, Presiden kembali mengunjungi Dobo, ibukota kabupaten Kepulauan Aru. Di Dobo, Presiden langsung mengunjungi pasar Jargaria.

Menggunakan pakaian khasnya yakni kemeja putih, Presiden mengunjungi pedagang pasar sayur, dan pedagang kaki lima. Ia juga menyapa, dan berbincang dengan masyarakat yang ditemui. Tak hanya itu, Presiden juga memberikan bansos berupa BLT BBM, dan sembako. Beliau juga membagikan baju kaos kepada warga sekitar.

Setelah melaksanakan sejumlah agenda kerja di Dobo, RI 1 ini kembali menuju Bandara Rar Gwamar, Dobo untuk lepas landas menuju Bandara Jos Orno Imsula, Tiakur, kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). Presiden RI yang ke-7 dan rombongan kembali terbang menuju MBD menggunakan pesawat ATR 72-600 Citilink. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *