Kapolda Maluku Pimpin Langsung Penyerahan DIPA Dan Renja TA 2023 Kepada Satker Jajaran 

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Kepolisian Daerah Maluku menggelar kegiatan penyerahan DIPA dan Rincian Kertas Kerja Tahun Anggaran 2023 serta Penandatanganan Pakta Integritas pada Satuan Kerja (Satker) Jajaran.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Rabu (28/12/2022), ini dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Jan Leonard de Fretes, Irwasda Maluku, para pejabat utama Polda Maluku, Kapolresta Ambon, dan para Kabag Ren Polres Jajaran.

Kapolda Maluku Lotharia Latif, mengungkapkan, Presiden RI, Joko widodo pada Kamis (1/12/2022) lalu telah menyerahkan DIPA 2023 kepada kementerian/lembaga di Istana Negara.

Presiden, kata Irjen Latif, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023 adalah instrumen yang digunakan pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian global yang masih berlanjut di tahun depan.

APBN juga dirancang untuk mampu mendorong kelanjutan pemulihan ekonomi nasional dan juga reformasi struktural sekaligus menjadi instrumen perlindungan sosial bagi masyarakat yang rentan.

Sejalan dengan amanat Presiden tersebut, Irjen Latif mengaku Polri yang merupakan bagian dari penyelenggara pemerintahan di bidang keamanan dengan tugas pokok memelihara kamtibmas, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat serta penegakan hukum, tentunya harus mendukung rencana kerja pemerintah.

Dukungan dilakukan melalui program dan kegiatan yang telah disusun dalam grand strategi Polri, rencana strategis (renstra), maupun rencana kerja (renja).

“Saat ini kita tengah berada pada tahap keempat renstra Polri yang memiliki sasaran yaitu mempertahankan status sebagai organisasi yang unggul (excellence). Tahapan ini mengamanatkan kepada kita semua untuk membangun kemampuan pelayanan publik yang unggul, mewujudkan good governance dan clean goverment, profesionalisme SDM, implementasi teknologi informasi, dan infrastruktur matfas, guna membangun kapasitas Polri yang kredibel di mata masyarakat nasional, regional, dan internasional,” jelasnya.

Irjen Latif mengatakan, untuk mendukung program kerja kepolisian, pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk Polri sesuai dengan rencana kebutuhan anggaran yang telah diusulkan. Hal ini tentu disesuaikan pada kemampuan keuangan negara.

Olehnya itu, Kapolda menekankan kepada para Kasatker agar pertama, menyusun rencana penyerapan anggaran dari awal tahun secara sistematis berdasarkan rencana pengadaan barang dan jasa dan kalender kegiatan sebagai dasar dalam pelaksanaan dan pengawasan realisasi penyerapan anggaran guna menghindari penumpukan.

Kedua, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan anggaran, agar satker melaksanakan konsolidasi pengadaan sejak dari perencanaan penganggaran, dengan memusatkan alokasi anggaran  pada unit kerja yang ditetapkan/ditunjuk oleh pimpinan.

Ketiga, alokasi anggaran Polri tahun anggaran 2023 diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional serta dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Untuk itu dimohon kepada para pejabat fungsi perencanaan dapat merencanakan anggaran belanja secara efisien, efektif dan produktif,” pintanya.

Keempat, lanjut Kapolda, dalam menghadapi kegiatan penyelenggaraan tahapan pemilihan umum serentak tahun 2024, para Kasatker yang mendapatkan alokasi anggaran pemilu agar mengoptimalkan anggarannya dengan baik. Juga melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten/kota perihal pelaksanaan pengamanan pemilu serentak tahun 2024.

“Pelaksanaan penyerahan DIPA dan rincian kertas kerja tahun 2023 serta penandatanganan pakta integritas satker jajaran Polda Maluku ini diharapkan dapat mendukung rencana kerja satker jajaran Polda Maluku melalui pemanfaatan anggaran yang baik dan sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan,” harapnya. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *