Kapolri: Pengamanan KTT G20 di Bali Bersikap Humanis Tapi Tegas

Militer

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung kesiapan pengamanan KTT G20 yang akan dihelat pada 15-16 November 2022 di Bali. Sigit menyatakan pengamanan yang akan dilakukan Polri ialah humanis namun tegas.

“Polri dituntut untuk menampilkan sosok pengaman yang humanis, ramah, namun tegas ketika dibutuhkan, sehingga mampu mereduksi potensi ancaman yang mengganggu jalannya KTT G20,” kata Sigit saat mengelar apel pasukan Operasi Puri Agung 2022 di Lapangan Renon, Denpasar, Bali, Senin (7/11/2022).

Sigit berharap pengamanan KTT G20 menjadi momen bagi jajarannya untuk menunjukkan sosok Polri yang pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat.

“Mari kita tunjukkan kepada dunia sosok Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang presisi sehingga dapat mewujudkan Polri yang dekat dan dipercaya serta dicintai masyarakat,” ujarnya.

Sigit meminta seluruh Kapolda se-Indonesia turun tangan menghadapi segala gangguan kamtibmas selama KTT G20. Tindakan tegas dan terukur dapat dilakukan pada saat keadaan diperlukan.

“Antisipasi segala kemungkinan situasi konsistensi mulai dan gangguan kamtibmas aksi kriminalitas, huru-hara, aksi teror sampai dengan bencana alam,” tegasnya.

Selain itu, Sigit mengungkapkan pola pengamanan KTT G20 dibuat tiga ring. Ring pertama dipimpin oleh Paspampres untuk pengamanan kepala negara. Ring kedua oleh TNI untuk pengamanan para menteri perwakilan delegasi dan Ring ketiga oleh Polri, untuk pengamanan wilayah dan penduduk di Indonesia.

“Khusus yang ketiga adalah lapisan terluar yang berinteraksi langsung dengan masyarakat umum,” tutur Sigit.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.