Seluruh Pengamanan Kepala Negara di KTT G20 Sudah Siap

Militer

Jakarta,CakraNEWS.ID- Polri menjamin keamanan seluruh kepala negara di gelaran KTT G20, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin jika nantinya hadir pada KTT G20 pada 15-16 November 2022 di Bali.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, pihaknya telah berkomunikasi dengan tim keamanan semua negara peserta KTT G20, termasuk dengan tim keamanan Rusia.

“Sudah itu semuanya sudah, kalau kedatangan saya belum tau kan dari pemerintah menteri luar negeri juga sudah mengumumkan tapi kalau Rusia Secret Service sudah komunikasi dengan kami,” kata Sigit usai Apel Puri Agung 2022 di Bali, Senin (7/11/2022).

Menurut Sigit, Polri dan TNI telah mempersiapkan pengamanan dalam perhelatan internasional tersebut. Polri menerjunkan 9.700 personel, 3.699 pasukan cadangan di Mako Brimob dan 11 pasukan di Satbrimoda.

Dalam hal pengamanan, Sigit mengungkapkan pola pengamanan KTT G20 dibuat tiga ring. Ring pertama dipimpin oleh Paspampres untuk pengamanan kepala negara.

Ring kedua oleh TNI untuk pengamanan para menteri perwakilan delegasi dan Ring ketiga oleh Polri, untuk pengamanan wilayah dan penduduk di Indonesia.

“Pokoknya kita ingin memastikan keberadaan mereka di sini senyaman dan seaman mungkin karena kita ingin fokus kita penyelenggaraan G20 ini benar-benar bisa dilakukan dengan sukses oleh Pemerintah,” papar Sigit.

Sigit juga menyebut sejumlah personel kepolisian juga dikerahkan untuk berjaga di perbatasan Jawa Timur maupun Nusa Tenggara Barat (NTB) saat KTT G20. Dalam melakukan pengawasan itu, polisi dibantu dengan kamera pemantau atau CCTV yang dilengkapi dengan fitur pengenal wajah atau face recognition.

“Kita sudah akomodasi sejauh mungkin, sehingga harapan kita adalah tim mereka juga sudah merasa save, karena apa yang dibutuhkan di sini disiapkan,” ungkap Jenderal Listyo Sigit.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.