Kebun “Basudara Pattimura” Wujud Komitmen Kodam 16 Kokohkan Ketahanan Pangan Nasional

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Jajaran Kodam XVI/Pattimura di Maluku dan Maluku Utara, siap menyukseskan program pembangunan pertanian di sejumlah kabupaten dan kota di Maluku. Dukungan itu dalam rangka memperkokoh ketahanan pangan nasional hingga ketingkat daerah.

Saat ini, banyak program yang digalakkan di Satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo dalam program Nawa Cita, yakni membangun Indonesia mulai dari pinggiran, khususnya ketahananan pangan.

Melalui Kebun “Basudara Pattimura” yang bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Kodam XVI/Pattimura membantu masyarakat menyediakan dan memasarkan hasil olahan di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan UMKM.

Hal tersebut diutarakan Aster kasdam XVI/Pattimura, Kolonel Inf Hasandi Lubis saat akan mengikuti vicon Ketahanan Pangan Nasional dalam rangka HUT TNI ke-78 dengan Wapres RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, bertempat di Kebun “Basudara Pattimura“ di wilayah Rumah Tiga, Ambon, Rabu (01/10/2023) pekan lalu.

Lanjut dikatakan Aster, kurang lebih dalam kurun waktu 2 tahun, sudah banyak hal yang dilakukan oleh prajurit Kodam XVI/Pattimura yang bekerja sama dengan mahasiswa, kelompok tani, bahkan dari perbankan dengan memberikan pelatihan mandiri.

“Sesuai instruksi dari Bapak Presiden dan Perintah Bapak KASAD, TNI AD dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura harus ikut mendukung dan membantu Pemerintah Daerah terutama meningkatkan ketahanan pangan. Saat ini, tanaman holtikultura dan perikanan lele merupakan salah satu prioritas Sumber Daya Alam yang efektif dan memiliki potensi menjaga kestabilan pangan, yang pada akhirnya dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat”, ungkap Aster.

Selain itu, sambung Aster, kegiatan Panen ini tidak hanya dapat memperbaiki bidang perekonomian saja, melainkan menjadi salah satu instrumen untuk menekan inflasi termasuk mengurangi angka Stunting.

Dalam kesempatan tersebut, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi yang turut hadir dalam kegiatan mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial PSC., M.Tr.(Han)., bersama Kadis Pertanian Provinsi Maluku Dr. Ilham Tauda SP., M.Si, Wakil Rektor Unpatti, Pj. Walikota, Danlantamal IX/Ambon, Irdam XVI/Pattimura, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura, beberapa Asisten dan Kabalak serta sejumlah pejabat Forkopimda Maluku, berkesempatan memanen lele dan labu yang ada di Kebun “Basudara Pattimura”.

Secara kongkret, panen ini merupakan keberhasilan dari kolaborasi yang apik antara TNI dengan  para petani, mahasiswa dan pemerintah daerah maupun instansi terkait, dalam mewujudkan dan meningkatkan swasembada pangan skala nasional, khususnya di wilayah Maluku.

Usai panen, dilanjutkan mengikuti vicon bersama Wapres dan Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A.  pada kegiatan tanam serentak di 460 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia kolaborasi TNI dengan Kementerian Pertanian, berpusat di Taman Pancasila Cibitung Jawa Barat, dengan tema “Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju” yang dilanjutkan  peninjauan Kebun kelengkeng, alpukat dan ternak sapi. Kegiatan vicon tersebut Turut diikuti seluruh jajaran TNI se-Indonesia.

Selain itu, Wapres juga memberikan bibit padi kepada Poktan dan bantuan sembako kepada masyarakat setempat. Kegiatan ditutup dengan penebaran benih ikan dan foto bersama.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *