Kemenkes RI Tunjuk 12 Laboratorium, Pemeriksa Covid-19 Di Indonesia

Kesehatan

Jakarta,CakraNEWS.ID- Penanganan penularan virus corona (Covid-19), dilakukan Kemeterian Kesehatan RI, Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K)  dengan menunjuk laboratorium yang ada di beberapa Provinsi di Indonesia.

Penunjukan 12 laboratorium tersebut, sebagaimana tertuang dalam Surat Kementerian Kesehatan, nomor: HK.01.07MENKES/182/2020,yang di tandatangani langsung oleh Menkes RI, Menkes Terawan Agus Putranto pada Senin, 16 Maret 2020.

Dikutip dari CakraNEWS.ID dari PMJNEWS, Selasa (17/3/2020) menuliskan, dalam keputusan itu dijelaskan,ada dua kategori laboratorium, diantaranya laboratorium rujukan nasional pemeriksaan COVID-19 dan laboratorium pemeriksa COVID-19, yang kewenangannya berbeda.

Untuk, laboratorium rujukan nasional pemeriksaan COVID-19 merupakan Balitbang Kemenkes, sedangkan laboratorium pemeriksa COVID-19 hanya bisa menginformasikan hasil negatif Corona ke Rumah Sakit. Untuk hasil positif hanya boleh dikeluarkan oleh laboratorium rujukan nasional pemeriksaan COVID-19.

Berikut daftar 12 laboratorium pemeriksa COVID-19:

  1. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta untuk wilayah kerja Maluku, Maluku Utara, Sumbar, Sumut, dan Aceh
  2. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang untuk wilayah kerja Bengkulu, Babel, Sumsel, Jambi, dan Lampung
  3. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar untuk wilayah kerja Gorontalo, Sulut, Sulbar, Sulteng, Sulsel, dan Sultra
  4. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya untuk wilayah kerja Kalsel, Kalteng, Kaltara, dan Kaltim
  5. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Papua untuk wilayah kerja Papua dan Papua Barat
  6. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta untuk wilayah kerja Riau, Kepri, Jabar, Kalbar, dan Banten
  7. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya untuk wilayah kerja Bali, Jatim, NTT, dan NTB
  8. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit DI Yogyakarta untuk wilayah kerja DI Yogyakarta dan Jateng
  9. Labkesda DKI Jakarta untuk wilayah kerja DKI Jakarta
  10. Lembaga Biologi Molekuler Eijkman untuk wilayah kerja DKI Jakarta
  11. Fakultas Kedokteran UI untuk wilayah kerja RSUP Cipto Mangunkusuomo dan RS UI
  12. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga untuk wilayah kerja RSUD Dr Soetomo dan RS Universitas Airlangga. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *