Kodam XVI/Pattimura Berangkatkan Satgulbencal, Bantu Masyarakat Malut Dari Bencana Alam

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID– Dukungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam rangka penanggulanganan bencana yang terjadi di Indonesia, memiliki tujuan untuk mewujudkan stabilitas sosial masyarakat di wilayah terdampak bencana alam.

Beberapa sasaran penyelenggaraan dukungan TNI diwilayah bencana, diantaranya terwujudnya rasa aman bagi para pengungsi dan korban di wilayah terdampak bencana alam, terwujudnya rehabilitasi wilayah pasca bencana alam, terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menangani masalah akibat bencana alam dan sosial kemanusiaan.

Perwudan dari tujuan tersebut TNI dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura selaku Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) memberikan dukungan dengan mengirimkan personel yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Alam (Satgasgulbencal) Maluku Utara ke daerah yang terdampak bencana alam gempa magnitudo berkekuatan 7,2 SR yang mengguncang beberapa wilayah di Halmahera Selatan, Maluku Utara, pada Minggu (14/7/2019).

Pengerahan Satgas Penanggulangan Bencana Alam (Satgulbencal) Maluku Utara ini sebagai pelaksana penanggulangan operasi membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Pagi tadi (18/07), Pemberangkatan Satgasgulbencal Kodam XVI/Pattimura ke Maluku Utara, dilakukan dalam apel gelar pasukan, bertempat di Pelabuhan Kapal Cepat Tulehu, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah dan dipimpin oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan,S.IP.

Satgasgulbencal Kodam XVI/Pattimura, diberangkatkan dengan menggunakan Kapal ADRI AD-64 Satgas BKO Kodam XVI/Pattimura dengan tujuan Desa Saketa (Halmahera Selatan) Kodim 1509/Labuha.

Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan,S.IP
Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan,S.IP

Selain membawa tenaga kesehatan yang terdiri dari 2 dokter dan 8 perawat medis, Kapal ADRI AD-64 Satgas BKO Kodam XVI/Pattimura juga membawa alkap, obat-obatan dan logistik penanganan bencana, baik kayu, tenda-tenda serbaguna, tenda kesehatan, velbet dll.

“Kodam XVI/Pattimura setelah mendapatkan informasi terkait bencana alam gempa bumi yang terjadi di Maluku Utara pada hari minggu lalu,langsung membentuk Satuan Penugasan (Satgas),saat ini Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq sudah berada di lokasi,”tutur Kasdam.

Kasdam mengatakan, Satgas ini terdiri dari Satgas bantuan guna mendirikan dapur lapangan dan posko disana, yang bertugas selama kegiatan tanggap darurat.

“Hari ini Satgas tersebut di berangkatkan langsung ke sasaran sampai waktu yang tidak ditentukan untuk memberikan bantuan kemanusiaan di daerah yang terdampak bencana,”ungkapnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *