Kodam XVI Pattimura Gelar Kosmos Tangkal Radikalisme

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– DALAM rangka mewujudkan ketahanan wilayah teritori, Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura menggelar giat Komunikasi Sosial (Komsos) di lingkungan unit Yonif 733 R/Masariku, Jumaat (01/07).

Komsos tersebut mengusung tema, penguatan karakter komponen bangsa dalam menangkal radikalisme atau separatisme di Maluku.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura diwakili Waaster Letkol Arm Budi Satri, Pabandya Komsos Kodam XVI/Pattimura Mayor Inf Aryanto Rolando, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Maluku, Firda Basalamah didampingi Stagas IT FKPT Maluku Fahrul Kaisuku, Ketua DPD KNPI provinsi Maluku Umar Sowakil didampingi Wakil Ketua Andar Karapesina Beserta staf pengurus.

Peserta yang hadir datang dari berbagai utusan diantaranya, Mahasiswa Universitas Pattimura, Utusan Mahasiswa Darusalam, Utusan Mahasiswa IAIN Ambon, Utusan Mahasiswa kesehatan Ambon dan para tamu undangan.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon dalam sambutan yang dibacakan Wakil Asisten Teritorial (Aster) Kodam XVI/Pattimura mengawali sambutannya menyampaikan terimakasih kepada peserta Kosmos dan para pemateri yang telah meluangkan waktu mengikuti agenda Pembinaan Komsos Kodam yang digelar Unit Yonif 733 Masariku.

Dikatakan, radikalisme dan separatisme merupakan masalah serius dan telah menjadi ancaman yang potensial bagi keamanan hampir di seluruh negara di dunia, yang tentunya dapat mengancam integritas bangsa, menimbulkan ketidakstabilan, memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Hal ini sudah menjadi ancaman serius yang harus diantisipasi sedini mungkin. Gerakan separatisme merusak kerukunan,” tegasnya.

Oleh karena itu, Kegiatan Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalismel Separatisme yang dilaksanakan membahas persoalan radikalisme dan terorisme merupakan satu dari sekian rentetan upaya dan langkah yang tepat dalam menangkal pengaruh radikalisme dan separatisme.

Upaya itu guna mewujudkan generasi muda, Mahasiswa, OKP berkarakter unggul dalam kebhinekaan guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI.

“Saya minta kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh, tanyakan dan diskusikan dengan baik materi yang disampaikan, sehingga dapat dipahami secara utuh, guna membentengi diri dari pengaruh radikalisme dan separatisme,” pungkas Panglima.

Sekedar diketahui, Aster Kodam Pattimura menghadirkan narasumber dari FKPT Maluku yang dibawakan Firda Basalamah didampingi Fahrul Kaisuku satgas IT FKPT, dan Ucok Lubis akademisi bidang ekonomi peternakan.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.