Kodam XVI/Pattimura Gelar Lomba Nyanyi TNI/Polri Dan Masyarakat Kota Ambon, Sambut HUT TNI Ke-74

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Semarak kemeriahaan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 tahun 2019 dilakukan oleh Kodam XVI/ Pattimura dengan menggelar perlombanan menyanyi. Lomba nyanyi yang digelar oleh Kodam XVI/Pattimura tersebut merupakan gagasan dari Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq dengan memperlombakan tiga kategori lomba.

“Lomba menyanyi ini adalah kompetisi yang dilaksanakan untuk mengajak masyarakat Maluku terlebih bagi generasi muda mengasah kemampuan di bidang vokal sekaligus dalam rangka menyambut HUT TNI ke 74,” ujar Pangdam.

Dijelaskan, lomba yang tidak hanya diikuti prajurit, PNS beserta keluarganya namun juga terbuka untuk umum tersebut, dibagi dalam tiga kategori yakni, Solo, Vocal Group dan Paduan Suara.

Perlombaan menyanyi kategori Vocal Group dan Solo sudah diawali dengan proses audisi beberapa waktu lalu (26 September-27 September 2019) dan final pada hari ini (1/10/2019) bertempat di gedung J. Laemena Lantamal IX Ambon (Vocal Group) dan Gedung Club House Lanud Pattimura (Solo). Untuk Kategori Paduan Suara, babak Final di gelar besoknya (2/10/2019) di Baileo Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya. Sesuai nama acara, peserta wajib memenuhi persyaratan lolos audisi kemudian berhak maju ke babak final. Dari proses audisi ini kemudian dipilih empat finalis dari masing-masing kategori sebagai juaranya.

“Selain memperebutkan piala, peserta juga mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah dan trophy serta piagam. Untuk menentukan juara, pihak panitia menunjuk dewan juri profesional dan berkuallitas di bidang musik yaitu Bapak Remon Ulolo, Bapak George Talea, Bapak Hendrik dan Mayor Caj Bangun S (Koordinator Lomba),”Ucapnya.

Pangdam XVI/Pattimura yang mana turut hadir pada kegiatan Final lomba menyanyi Kategori Vocal Group di Lantamal IX/Ambon mengatakan, lomba tarik suara tersebut diprogramkan untuk mendukung secara konkrit penetapan Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia oleh United Nation Of Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Menurutnya, keinginan menggelar kegiatan lomba menyanyi tersebut bukan hanya itu, tetapi karena melihat besarnya potensi dan kualitas masyarakat Maluku khususnya generasi Muda dalam bermusik yaitu menyanyi. Tidak salah jika Maluku khususnya Ambon terkenal sebagai gudang penyanyi berkualitas karena kenyataannya selama ini banyak penyanyi bersuara emas ternama di Tanah Air bahkan di dunia internasional yang berasal dari sini

“Lomba menyanyi ini kemungkinan besar akan dijadikan event tahunan menjelang HUT TNI yang nantinya akan dijadikan wadah dan sarana bagi masyarakat Maluku khususnya generasi muda untuk menyalurkan bakat dan potensi menyanyi yang dimiliki, sekaligus menjadi batu loncatan menghadapi event yang lebih tinggi,dan mampu berkompetisi di blantika musik Tanah Air di masa mendatang,”tutur Pangdam.

Ia mengatakan, pelaksanaan lomba tersebut sudah terlihat antusias para peserta berupaya untuk menampilkan yang terbaik. Pangdam sangat mengapresiasi semua peserta, apalagi menyaksikan penampilan para finalis yang luar biasa.

“Mereka menyanyi dari hati, walau mungkin masih ada yang terlalu berhati-hati,” kata Pangdam.

Dari perlombaan ini, juara 1 untuk kategori penyanyi solo, juara satu diraih oleh nomor peserta 05 atas nama Salomy Iyarmasa, juara dua diraih oleh nomor peserta 07 atas nama Irene M.Paliama, juara tiga diraih oleh nomor peserta 01 atas nama Dennis A. Tehupuring dan Juara harapan diraih oleh nomor peserta 06 atas nama Alicia Teftutul.

Untuk kategori Vocal group , keluar sebagai juara 1 yaitu Vocal group Polda Maluku dengan total nilai 2.730, juara dua yaitu Vocal group Keuangan Kodam (Kudam) XVI/Pattimura dengan total nilai 2.620, juara tiga diraih oleh Vocal group Peralatan Kodam (Paldam) XVI/dengan total nilai 2.550, dan juara harapan diraih oleh Vocal group Perhubungan (Hubdam) XVI/Pattimura dengan total nilai 2.480. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *