Kolaborasi Pemprov Maluku dan Pelindo Regional 4 Ambon Ekspor Langsung ke Negara Tujuan

Adventorial News

GUBERNUR MI LAUNCHING MALUKU INNOVATION EXPORT CENTER DAN DIRECT EXPORT

Ambon, CakraNEWS.ID– Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn.) Drs. Murad Ismail, secara resmi melaunching Maluku Innovation Export Center dan Direct Export Hasil Perikanan, Pertanian dan Kehutanan yang ditandai dengan penekanan sirene, di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, pada Selasa (27/12/2022.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Maluku, Penjabat Walikota Ambon, Forkopimda Kota Ambon, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan Provinsi Maluku, Pimpinan Perbankan, BUMN, Instansi Vertikal, Para Staf Ahli Gubernur, Asisten Sekda Maluku, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pelaku Usaha, beserta unsur terkait lainnya.

Dalam Laporannya Hadi Basalamah selaku Ketua TGPP Provinsi Maluku menjelaskan pada beberapa waktu yang lalu sempat terjadi bottle necking dikarenakan ekspor tidak dilakukan langsung dari Maluku, atas dasar itulah, pada saat ini dilaksanakan pelepasan 2 Komoditi Unggulan dari Maluku yaitu Komoditas Perikanan berupa Frozen Tuna Fillet sebanyak 15 ton dan Frozen Yellowfin Tuna Loin sebanyak 25 ton, ke negara Tujuan Vietnam dan Thailand, dengan volume yang diekspor bernilai kurang lebih USD 300.000.

Sementara itu GM PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Region  4 Cabang Ambon,  I Nengah Suryana Jendra, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Maluku telah menginisiasi pembangunan ekspor center dan kurasi UMKM yang berlokasi di Kantor Pelindo Regional 4  Ambon.

Suryana mengharapkan, direct ekspor ini, bisa berjalan secara berkelanjutan dan bisa berkesinambungan dengan keterlibatan semua stakeholder.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam kesempatan itu juga turut menyampaikan terima kasih, dan memberikan apresiasi kepada semua pihak khususnya, kepada Pelindo Regional 4 Ambon sebagai bentuk solidaritas yang baik, sehingga tujuan bersana dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku, melalui peningkatan ekspor komoditas unggulan terutama sektor kelautan dan perikanan dapat diwujudkan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan peninjauan secara langsung oleh Gubernur Maluku, didampingi Forkopimda Provinsi Maluku, dan unsur terkait lainnya.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *