Kompolnas Apresiasi Rekonstruksi Polri, Kasus Penyerangan Anggota Di Tol Jakarta Cikampek Transparan Dan Terbuka

Nasional

Jakarta-CakraNEWS.ID- Sekretaris Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS), Irjen Pol (Purn), Dr Benny Jozua Mamoto, SH,M.Si, menyaksikan langsung jalannya rekonstruki kasus penyerangan penyidik Polda Metro Jaya, oleh simpatisan Front Pembela Islam (FPI), di empat tempat kejadian perkara (TKP) yang ruas jalan menuju Tol Jakarta menuju Cikampek Kerawang Timur hingga menuju ke 51,2 KM pintu keluar masuk Tol Jakarta Cikampek Kerawang Barat.

Didampingi langsung oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, Dir Tipidum Bareskrim Polri, Sekretaris Kompolnas turun langsung ke lokasi rekonstruksi yang dimulai dari pukul 00.35 WIB dengan TKP I depan Hotel Novetel Kerawang Timur, hingga berakhir pukul 04.00 WIB di TKP 4 di ruas jalan pintu masuk keluar, KM 51,2, tol Jakarta-Cikampek Kerawang Barat.

Usai menyaksikan tiap reka adegan di tiap TKP,  Sekretaris Kompolnas dalam konfensi pers kepada wartawan di TKP 4 menyakini, enam anggota Laskar FPI yang melakukan penyerangan terhadap kepolisian sejak peristiwa tersebut terjadi.

“Saya saksikan dari awal sampai akhir saya saksikan sendiri terjadi penyerangan yang aktif menyerang dari kelompok itu dari awal,” ungkap Mamoto.

Baca Juga: 6 Pengikut MRS Ditembak Mati, Personil Polda Metro Jaya Di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Mamoto menyebut, proses rekonstruksi yang digelar oleh Mabes Polri digelar secara transparan dan berdasarkan fakta dan kejadian yang terjadi. Sebab itu, menurutnya, dengan adanya reka adegan ini masyarakat bisa mengetahui kejadian yang sebenarnya.

“Ini kiranya menjadi pemahaman bersama apa yang sesungguhnya terjadi. Nanti teman-teman yang akan menyampakan ini ke publik,” ujar Benny.

Benny mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, Kompolnas menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Polri lantaran telah melakukan proses rekonstruksi secara terbuka dan profesional serta berdasarkan fakta yang ada.

Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri, Polda Metro Jaya, dan Polres Karawang menggelar rekonstruksi di empat titik terkait dengam kasus penyerangan Laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek.

Dalam rekonstruksi ini, pada TKP I tepatnya di depan Hotel Novotel, Jalan Karawang Internasional, setidaknya ada sembilan adegan. Sementara lokasi II yakni, selepas bundaran Jalan Karawang Internasional hingga Gerbang Tol Karawang Barat arah Cikampek ke Rest Area KM 50 ada empat adegan.

Baca Juga: Polri Peragakan 58 Adegan, Rekonstruksi Kasus Penyerangan Anggota Polri Oleh Laskar FPI 

Sedangkan di Rest Area KM 50 yang menjadi TKP ketiga penyidik melakukan adegan rekonstruksi sebanyak 31. TKP terakhir yakni, Tol Japek selepas Rest Area KM 50 hingga KM 51.2, penyidik memperagakan 14 adegan. Setidaknya ada 58 reka adegan yang digelar penyidik pada lokasi TKP pertama hingga terakhir.

“Terima kasih kepada Mabes Polri, yang telah mengundang Kompolnas untuk ikut menyaksikan jalanya rekonstruksi  kasus penyerangan anggota Polri oleh kelompok ormas. Rekonstruksi adalah bagaian dari penyelidikan. Terima kasih saya bisa menyaksikan dari awal sampai akhir. Dan saya bisa menyaksikan sendiri bahwa memang benar terjadi penyerangan. Yang aktif menyerang petugas adalah dari kelompok ormas FPI. Ini menjadi pemahaman kita bersama apa yang sesungguhnya terjadi,” Pungkasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *