Kunker Ke Leihitu, Pj Bupati Minta Camat, KPN Dan Semua Stake Holder Tekan Angka Kemiskinan Ekstrim

Pemerintahan

Malteng,CakraNEWS.ID- Penjabat Bupati Maluku Tengah, Dr Rakib Sahubawa,S.Pi, M.Si minta agar kepala Kecamatan (Camat) Leihitu, Kepala Pemerintah Negeri (KPN) tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan semua stake holder di kecamatan Leihitu untuk sama-sama bersinergi menekan angka kemiskinan ekstrim di kecamatan Leihitu. Hal ini di ungkapkan Sahubawa dalam sambutannya saat melakukan kunjungan kerja di kecamatan Leihitu, Kamis (21/9/20230).

Kunker PJ Bupati, di Kecamatan Leihitu, di hadiri oleh pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng, Camat, Forkopimcam, Kepala KPN sekecamatan Leihitu, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat di kecamatan itu.

Kunjungan kerja perdana Pj Bupati Malteng ini secara langsung melakukan tatap muka dengan semua elemen masyarakat di kecamatan Leihitu, bertujuan untuk mendengar berbagai aspirasi dan masukan dari masyarakat terhadap situasi, kondisi serta pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan yang mengacu pada kesejahteraan masyarakat di kecamatan Leihitu.

Dalam sambutan dan arahannya, Pj Bupati Malteng membenarkan, hingga saat ini angka kemiskinan ekstrim masyarakat di kabupaten bertajuk “Pamahanunusa” ini cenderung meningkat yang di akibatkan oleh berbagai faktor termasuk tingkat kemahalan harga pasar saat ini.

“Sebagai Pj Bupati Malteng, kehadiran saya di kecamatan Leihitu dengan harapan agar semua elemen masyarakat maupun stake holder bisa saling mendukung dan berkolaborasi dalam pelaksanaan Rida pemerintahan dan pembangunan daerah sampai ke pelosok negeri yang ada. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama membantu tugas pemerintah daerah dalam pembangunan daerah,  pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan, tata kelola dan pelayanan publik sekaligus mampu memerangi dan menekan angka kemiskinan ekstrim di kabupaten Maluku Tengah termasuk di kecamatan Leihitu,”Pintanya.

Tantangan kita saat ini di Kabupaten Maluku Tengah, Kata Sahubawa, adalah upaya menurunkan tingkat kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, pengendalian inflasi, serta stabilisasi politik dan keamanan.

“Untuk menuntaskan semua tantangan yang saat ini di hadapi oleh Pemda dan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah sangat membutuhkan dukungan masyarakat, kerja keras masyarakat maupun terobosan yang inovasi dari semua unsur sehingga dapat menjawab berbagai tantangan yang ada dan di hadapi,” tegas Sahubawa.

Sahubawa mengatakan, upaya penurunan stunting di Malteng, Pemerintah Daerah telah melakukan inovasi “Gema Duta Parenting Potong Pele Stunting” dengan tujuan dapat memastikan setiap ibu hamil maupun bayi benar-benar mendapatkan pelayanan yang terbaik dan dinamis dari pihak satuan kesehatan di tingkat kabupaten, kecamatan maupun negeri. Selain itu juga adanya ketersediaan orang tua asuh bagi anak penderita stunting.

Untuk menjawab semuanya, Sahubawa minta agar kepengurusan PKK di tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun tingkat negeri/desa mampu melaksanakan tugas dan fungsi serta berperan aktif dalam pelaksanaan podyandu secara rutin dan terpadu kepada masyarakat terutama ibu hamil dan bayi.

Selain itu juga tegasnya bahwa pemerintah daerah saat ini berupaya menekan dan pengentasan kemiskinan ekstrim.

“Untuk menekan angka kemiskinan ekstrim pemerintah daerah kini melakukan pemberian bantuan kepada kaum Dua’fa, anak yatim, piatu, yatim piatu, ibu-ibu janda maupun orang tua jompo melalui program OPD Pendamping Negeri/desa,”tutur Rakib.

Pemerintah daerah, kata Rakib, juga telah melakukan peningkatan SDM Malteng yang cenderung menjadi orang-orang yang mampu membangun daerah melalui penyelenggaraan pendidikan yang baik, merata serta berkualitas dengan metode mobile teaching seperti pemerataan tenaga guru sampai ke semua pelosok terpencil di Malteng.

“Saya yakin, metode dan inovasi yang di laksanakan ini akan mampu mendobrak semua rutinitas guna peningkatan produktifitas sehingga setiap kerja akan bisa di buktikan dengan hasil nyata yang di capai guna peningkatan kesejahteraan masyarakat,”ucapnya.

Guna mencapai tujuan dan cita-cita pembangunan daerah untuk kesejahteraan masyarakat,Pj Bupati Maluku Tengah sangat berharap agar adanya sinergitas dan dukungan penuh masyarakat dalam bahu membahu melaksanakan semua program pemerintah baik pusat maupun daerah terutama di kabupaten Malteng sehingga mewujudkan meluku Tengah yang maju, sejahtera dan terdepan.

“Saya juga memohon dukungan dari seluruh elemen Masyarakat dan aparat keamanan agar senantiasa kita menjaga hubungan yang harmonis demi menghindari terjadinya konflik horizontal, serta bersama-sama menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi di tengah-tengah Masyarakat,” pintanya.*CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *