Lantamal IX Ambon Bersama Kodam XVI/Pattimura, Kerahkan 130 Prajurit Jaga Pulau-Pulau Perbatasan Australia Dan Timor Leste

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID-Pengamanan pulau-pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Timor Leste dan Australia, dilakukan Lantamal IX Ambon dan Kodam XVI/Pattimura, dengan mengerahkan sebanyak 130 personil.

130 personil pengamanan perbatasan, yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasi Pengamanan Pulau-Pulau Terluar (Satgas Pamputer), melibatkan 1 SST Yon Gabungan Lantamal IX, 1 SST Yonif 731/Kabaresi dan 1 SST Brigf 27/Nusa Ina.

Pengerahan personil Satgas Pamputer, digelar dalam upacara pemberangkatan, yang dipimpin oleh Komandan Komando Resor Militer (DANREM) 151/Binaiya, Brigjen TNI, Arnold, A.P. Ritiauw, yang berlangsung di dermaga Guspurla Koarmada III, Kota Ambon. Senin (27/9/2021).

Upacara pemberangkatan tersebut, turut di hadiri oleh, Danlantamal IX Ambon, Laksamana Muda Said Latuconsina, Kasrem 151/Binaiya, Kolonel Inf Prabowo Setiaji, Asops Kasdam XVI/Pattimura, Asops Danlantamal IX Ambon, Para Kasi Korem 151/Binaiya, Para Dansat dan Kabalak Korem 151/Binaiya.

Satgas Pamputer Kodam XVI/Pattimura, akan bertolak pada hari Selasa (28/9/2021) menggunakan KRI Teluk Hading 538 dari Dermaga Guspurla Koarmada III untuk melaksanakan tugas operasi Pengamanan Pulau-pulau terluar di wilayah Provinsi Maluku yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Timur Leste dan Australia. Sebelum diberangkatkan, para personel Satgas tersebut telah dibekali dengan materi yang memadai melalui tahapan yang diprogramkan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

Dalam sambutanya Danrem selaku Dankolakops mengatakan, penugasan ke daerah pulau-pulau terluar bagi setiap prajurit merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan.

“Untuk itu Prajurit yang mendapat amanah tersebut harus bertanggung jawab terhadap tugas dan melaksanakannya dengan sebaik mungkin,”pesan Danrem.

Danrem juga meminta kepada personil Satgas Pamputer, untuk terus meningkatkan kualitas disiplin dan profesionalisme keprajuritan dengan terus berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Serta berperilaku, beradaptasi dan berinteraksi yang baik dengan rakyat, guna membangun kepercayaan dan meningkatkan rasa aman masyarakat ditempat penugasan dalam setiap pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara ini

“Kepada Prajurit yang akan bertugas untuk mematuhi Protap Operasi yang berlaku dalam pelaksanaan tugas, laksanakan patroli sesuai kondisi yang ada dan kuasai karakteristik wilayah berikut permasalahannya. Serta hindari pelanggaran sekecil apapun selama melaksanakan tugas dan melaporkan setiap hal yang menonjol kepada Komando atas secara hirarkis. Jaga kesehatan dan kebugaran fisik dengan berolahraga secara teratur, jalin hubungan yang baik dan harmonis dengan masyarakat setempat untuk memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat,”pesan Danrem 151/Binaiya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.