Lanud Pattimura Ambon, Lakukan Operasi Udara Pencarian Kapal KLM Panji Saputra

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Kabar hilangnya kapal KLM Panji Saputra yang diterima oleh pihak Lanud Pattimura langsung direspon oleh Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan, S.Sos. M.M. Sekitar pukul 08.40 WIT, Danlanud Pattimura, Danlantamal IX Ambon, Kabakamla, Danguspurla, Kabasarnas, Polairud dan Kodam XVI/ Pattimura mengadakan rapat kordinasi operasi pencarian dan pertolongan di VIP Room Bandara Pattimura, Senin (20/1/2020) terhadap pencarian Kapal KLM Panji Saputra yang hilang sejak Selasa (7/1/2020).

Upaya pencarian Kapal KLM Panji Saputra yang membawa 4 ABK dan 2 Anggota TNI AD itu dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX Ambon, Lanud Pattimura, Badan Keamanan Laut RI (Bakamla RI) Provinsi Maluku, Basarnas Provinsi Maluku, serta unsur terkait lainnya.

Dalam upaya pencarian Kapal KLM Panji Saputra yang telah memasuki hari ke-13 ini dilibatkan tim gabungan. Sebelumnya sejak hari pertama hilang kontak, telah dilakukan upaya pencarian namun hingga kini belum menemukan hasil sehingga dilibatkan tim gabungan untuk menyisir wilayah yang lebih luas.

Upaya pencarian hari ini, Danlanud Pattimura yang berkordinasi langsung dengan Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono Putra, S.I.P, mengerahkan lewat operasi udara dengan CN 235 dengan tail number A-2307 milik TNI AU yang sedang melaksanakan Operasi Lintas Panah 20 dari Lanud Manuhua Biak menuju Lanud Pattimura Ambon.

Dalam menjalani rute Biak-Dobo-Tual hingga Ambon pesawat milik TNI AU ini juga melasanakan pencarian dan pengamatan terhadap objek yang diduga KLM Panji Saputra.

Dalam upaya pencarian operasi udara ini, TNI AL turut mengerahkan pesawat CN 235 TNI AL dari Koarmada III Sorong yang target utama pencarian seputar wilayah tenggara Pulau Ambon.

Sementara itu lewat, upaya pencarian lewat laut pun dilakukan dengan pengerahan Kapal KN Abimanyu milik Basarnas Ambon, Kapal Tanjung Alang milik Polairud Polda, Kapal KAL. P. Nustual 1-9-16 milik Lanal Saumlaki, dan Kapal Kal. Hutumuri milik Lantamal IX Ambon. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *