Makna Spritual Kenaikan Isa Almasih Bagi Umat Kristiani

Adventorial Pendidikan

Ambon, CakraNEWS.ID– Kenaikan Isa Al-Masih adalah salah satu momen keagamaan yang sangat penting bagi umat Kristiani. Kira-kira, apa makna kenaikan Isa Al-Masih bagi umat  Kristen?

Perayaan Hari Kenaikan Isa Al-Masih pada 2022 jatuh di hari Kamis (26/5/2022). Di Indonesia, hari besar ini ditetapkan sebagai hari libur nasional. Kenaikan Isa Almasih atau kenaikan Yesus Kristus ke surga adalah salah satu peristiwa terpenting yang dicatat dalam Perjanjian Baru.

Dalam kepercayaan Kristen dan Katolik, kenaikan Yesus Kristus ke surga terjadi pada hari ke-40 setelah Kebangkitan-Nya (Paskah diperhitungkan sebagai hari pertama). Perayaan Kenaikan setingkat dengan Natal, Paskah, dan Pentakosta dalam universalitas ketaatannya diantara orang-orang Kristen.

Sejarah Kenaikan Isa Al-Masih

Peristiwa kenaikan Isa Almasih dikisahkan dengan jelas dalam Alkitab, tepatnya dalam injil Lukas. Peristiwa ini berawal dari pengorbanan dan kematian Yesus Kristus di kayu salib untuk membebaskan manusia dari dosa dan maut.

Setelah mati di kayu salib, Yesus dikuburkan di sebuah makam baru. Pada hari yang ketiga, kubur Yesus kosong karena Dia sudah bangkit. Yesus Kristus menujukkan diri-Nya kepada Maria serta murid-murid-Nya. Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dikenal juga dengan peristiwa Paskah.

Lalu, 40 hari setelah kebangkitan-Nya, Yesus dan murid-murid pergi ke Bukit Zaitun. Di tempat iniah Yesus berjanji kepada mereka bahwa Dia akan datang untuk kedua kalinya.

Makna Kenaikan Isa Al-Masih

Peringatan Kenaikan Isa Al-Masih merupakan momen mendalam bagi Umat Kristiani, dan berikut merupakan makna dari Peringatan hari besar ini:

  1. Kegenapan Rencana Alah

Naiknya Yesus Kristus ke Surga merupakan penggenapan dari rencana Alah. Di mana inkarnasi Yesus dimulai dari kelahiran-Nya dan diakhiri dengan kenaikkan-Nya ke surga. Lalu diawali dengan turun-Nya ke bumi dan diakhiri dengan kembali-Nya ke surga.

Peristiwa kenaikannya Isa Almasih ini menjadi bukti bahwa Rencana-Nya tidak pernah gagal. Semua yang dirancang-Nya pasti akan berhasil, karena ia adalah Allah yang maha kuasa.

  1. Pemisah Ajaran Yesus

Momen naiknya Yesus Kristus menjadi momen pemisah antara yang dilakukan Yesus secara langsung dan diajarkan decara langsung serta apa yang dilakukan Yesus dan diajarkan Yesus melalui roh Roh Kudus (Roh Yesus, Kris 16:7) dan para murid atau Rasul-Nya.

  1. Jaminan Orang Percaya Pergi ke Surga

Peristiwa naiknya Isa Almasih menjadi jaminan kepada umat manusia bahwa ia pasti akan ditempatkan di surga jika ia percaya dan megikuti ajaran-Nya. Sebelum pergi le surga Yesus telah berbicara bahwa ia akam menyediakan tempat untuk Anak-anak-Nya di surga. Kemudian Dia akan kembali lagi untuk menjeput mereka.

  1. Agar Tetap Memiliki Kebahagiaan dan Semangat dalan Melayani

Meskipun sudah tidak ada di tengah-tengah manusia, namun Tuhan akan memberikan pertolongan melalui roh-roh kudus yang diutus-Nya. Sehingga manusia tidak perlu khawatir selama menjalani hidup mereka di bumi. Karena Yesus akan menyediakan di surga.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.