Meriahkan HUT Korpol Airud Baharkam Polri ke-69, Ditpol Air Polda Kepri Gelar Balapan Sampan Tin-Tin dan Campan Sampan

Militer Polri

Kepri, CakraNEWS.ID- Semarak perayaan Hari Ulang Tahun Hut Korpol Airud Ke-69 dilakukan dengan perlombaan sampan tin-tin dan campan sampan yang berlangsung di pelabuhan beton, Kampung Tua Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

Perlombaan sampan tin-tin dan campan sampan, dengan tema “SDM Unggul Dengan Almaksus Moderen, Korpol Airud Baharkam Polri Siap Menjaga Stabiltas Keamanan Dalam Negeri”, di buka oleh Waka Polda Kepri, Brigjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah. Dan turut di hadiri oleh Direktur Pol Air Polda Kepri, Kombes Pol Benyamin Sapta,bersama PJU Polda Kepri, Waka Polresta Barelang, Perwakilan KSOP Batam, Kamis (21/11/2019).

“Perlombaan sampan dan campan tin-tin merupakan wujud kebersamaan personil Ditpol Airud Polda Kepri dengan masyarakat pesisir perairan dan instansi lainnya. Perlombaan ini juga merupakan pelestarian budaya lokal yaitu permainan air yang dimilik masyarakat pesisir perairan yang sebagain besar tinggal di pulau-pulau sekitar Batam,”ungkap AKPB Budi Rahyadi, selaku ketua pelaksana perlombaan dalam paparan laporan pertanggung jawabannya.

AKPB Budi Rahyadi, Selaku Ketua Pelaksana Perlombaan Sampan Tin-Tin Dan Campan Sampan
AKPB Budi Rahyadi, Selaku Ketua Pelaksana Perlombaan Sampan Tin-Tin Dan Campan Sampan

Rahyadi menjelaskan untuk pelaksanaan lomba sampan tin-tin dengan peserta lomba melibatkan para lelaki dengan jarak yang ditempuh 2 mil atau sekitar 3.600 meter, 2 kali putaran. Sedangkan untuk lomba campan sampan dengan melibatkan peserta para wanita dan ibu-ibu dengan rute yang ditempuh sepanjang kurang lebih 100 meter.

“Untuk lomba sampan tin-tin di ikuti oleh peserta sebanyak 55 orang yang berasal dari, Tanjung Riau, Batam, Pulau Buluh Belakang Padang, Pulau Granti Belakang Padang, Pulau Kasu. Sedangkan untuk lomba campan sampan melibatakan 25 peserta melibatkan ibu-ibu dari Tanjung Riau. Dengan kelengkapan perlombaan berupa life jaket, dengan menggunakan mesin 6 sampai 7 pk,” tutur Rahyadi.

Disisi lain, mengawali sambutan tertulis Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.IK, Waka Polda Kepri, Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah mengatakan, sebagai ciri khas negeri bahari, Kepulauan Riau, perlombaan sampan tin-tin dan campan sampan merupakan sebuah fasilitas transportasi yang biasa di gunakan masyarakat Melayu.

Waka Polda Kepri, Brigjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah,MH
Waka Polda Kepri, Brigjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah,MH

“Saya berharap semua saudara-saudara saya yang ada di Kepri ini tetap menjaga nilai-nilai lokal sebagai ciri bangsa, negeri Bahari Bunda Tanah Melayu. Kita jaga ciri-ciri khas kita dengan lemah lembut, dengan santunnya kita sebagai bangsa Melayu yang besar dan tinggi budaya. Harapan saya bisa melahirkan sebuah pranata sosial bagi masyarakat pesisir yang menjadi surih tauladan bagi masyarakat lain, dengan menjaga kebersihan pantai dan laut,”Harapnya

Jenderal bintang satu itu, juga berpesan kepada masyarakat pesisir Tanjung Riau untuk tetap menjaga kebersihan laut dan pantai, sebagimana yang tertuang dalam syair Gurindam 12, yang mengingatkan kita agar tidak durhaka kepada laut. Apabila kita kotorkan laut, sudah tentunya akan membawa petaka bagi kita sendiri.

“Kita hidup dari laut, lautlah nadi kita. Olehnya itu saya berpesan jagalah laut kita, karena laut itu adalah nadi Bangsa Melayu,”pesan Waka Polda Kepri.

Kapolda Kepri dalam sambutan tertulis yang dibacakan Waka Polda mengatakan, perlombaan sampan tin-tin dan campan sampan yang dilakukan oleh Ditpolair Polda Kepri merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati hari HUT Korpol Airud Polri yang ke-69, yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2019.

Sebelum adanya transportasi laut yang modern seperti saat ini, sampan adalah alat transportasi utama para pendahulu orang tua, dalam mencari nafkah, maupun penunjang kegiatan sehari-hari. Mengingat wilayah Kepri yang 96% lautan dan 4% daratan, tidak bisa dikatakan sampan adalah alat pemersatu masyarakat ada di pulau-pulau.

“Dilaksanakannya lomba sampan tin-tin dan campan sampan sebagai wujud penghormatan kita kepada para pendahulu para orang tua, serta merupakan upaya pelestarian adat istiadat yang sudah ada sejak dahulu agar tidak hilang oleh perkembangan zaman,” himbau Kapolda Kepri.

Kapolda Kepri mengatakan, dalam momentum HUT Korpol Airud Polri ke-69 tahun 2019, Polda Kepri mengajak TNI bersama masyarakat untuk bersama-sama memeriahkan perlombaan sampan tin-tin dan campan sampan sebagai cerminan sinergritas TNI/Polri dan masyarakat yang bertujuan untuk mengeratkan tali silatuhrami sebagai tiga komponen penting dalam sebuah bangsa. Hal ini dikarenakan bila tidak ada bantuan dari masyarakat, TNI/Polri dan pemerintah tidak akan mampu melaksanakan tugas dengan baik dan lancar

“Seiring dengan tema hut Korpol Airud Polri ke-69 yaitu ‘ SDM Unggul Dengan Almaksus Moderen, Korpol Airud Siap Menjaga Stabilitas Keamanan Dalam Negeri’, maka Ditpol Air Polda Kepri dituntut untuk lebih profesional, moderen serta berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Kepri, khususnya masyarakat yang ada di pesisir. Mengingat nawacita Presiden RI, untuk menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat, TNI/Polri serta pemerintah akan terus bekerja keras untuk menyemeratakan pelayanan Kepolisian sampai ke pelosok terpencil di Kepri,”ungkap Kapolda Kepri. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *