Operasi Simpatik Siwalima 2019, Polda Maluku Ciptakan Kamseltibcarlantas Untuk Masyarakat

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Operasi cipta kondisi keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di kalangan masyarakat Maluku, dilakukan oleh Polda Maluku melalui Operasi Simpatik Siwalima 2019.

Kesiapan pelaksanaan Operasi Simpatik Siwalima 2019 yang berlangsung selama 10 hari kedepan, dimulai dari tanggal 20 November 2019 hingga 30 November 2019 tersebut, digelar dalam apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Waka Polda Maluku, Brigjen Pol. Drs. Teguh Sarwono, M.Si selaku Inspektur Apel. Dan  bertindak selaku Komandan Apel, AKBP Rosita Umasugi, serta dihadiri Irwasda Maluku Kombes Pol. Drs. Sungkono, para Pejabat Utama, para Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama serta ASN Polri, bertempat dilapangan Letkol Pol. (Purn.) Chr. Tahapary Tantui, Ambon. Rabu (20/11/2019).

Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Waka Polda Maluku mengatakan, apel kesiapan ini sebagai awal dimulainya operasi kepolisian kewilayahan bidang lalu lintas dengan sandi operasi Simpatik Siwalima 2019, yang akan dilaksanakan selama 10 hari terhitung mulai tanggal 21 November 2019 sampai tanggal 30 november 2019.

“Operasi Simpatik Siwalima 2019 ini sebagai salah satu bentuk upaya Polda Maluku dalam mengendalikan situasi dan kondisi lalu lintas dengan tujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, serta dalam rangka mewujudkan Polantas sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik guna mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat,” ungkap Waka Polda.

Lanjut dikatakannya, dalam pelaksanaannya Operasi Simpatik Siwalima 2019, Direktorat Lalulibtas Polda Maluku beserta jajaran Satlantas Polres/Polresta akan melakukan kegiatan pendidikan kepada masyarakat melalui penerangan dan penyuluhan hukum.

“Selain tujuan operasi yang akan kita laksanakan seperti yang telah diterangkan sebelumnya, operasi simpatik Siwalima 2019 ini juga melakukan kegiatan pendidikan masyarakat lalu lintas meliputi pembinaan potensi masyarakat, penerangan dan penyuluhan lalu lintas sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan disiplin berlalu lintas bagi pengguna jalan dengan melakukan kegiatan antara lain; polisi sahabat anak, patrol keamanan sekolah, police goes to campus/school, pramuka saka bhayangkara krida lantas, kemitraan lalu lintas, safety riding dan safety driving, kampanye keselamatan lalu lintas, global road safety partnership action dan road show ke wilayah polres/Polresta jajaran,” tutur Waka Polda.

“Operasi kali ini tidak menjadi rutinitas yang biasa, namun betul-betul dapat memberikan manfaat yang besar dan bukti yang nyata kepada masyarakat secara umum, sehingga dapat tercapai upaya mewujudkan polantas sebagai penggerak revolusi mental, pelopor tertib sosial di ruang publik dan laksanakan operasi ini dengan dedikasi dan pengabdian yang setinggi-tingginya serta penuh rasa tanggung jawab demi tercapainya tujuan operasi ini,”Tambahnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *