Operasi Zebra Hari Ketiga di Masohi, Sat Lantas Masih Dapati Pengendara Bandel

Adventorial News

Operasi Zebra Hari Ketiga, Sat Lantas Polres Malteng Lakukan Himbauan Kepada Pedagang Kaki Lima.

Masohi, CakraNEWS.ID– Jajaran Satuan Lalulintas Polres Maluku Tengah terus melakukan operasi zebra terhadap masyarakat pengguna angkutan jalan raya terutama kepada pengguna kendaraan bermotor.

Pelaksanaan operasi zebra pada hari ini 6/09 di laksanakan sekitar pukul 11.00 wit, pada beberapa titik rawan kecelakaan seperti di depan bundaran kota Masohi, jalan Pattimura, jalan Abdullah Soulissa depan PLN Masohi dan juga beberapa titik lainnya.

Dalam operasi zebra tersebut, jajaran satuan Lalulintas Polres Malteng menemukan beberapa pelanggaran misalnya pengendara yang berlawanan arus jalan, penggunaan helm yang tidak standar, dan beberapa pelanggaran kecil lainnya.

Dari pelanggaran yang ada, pihak Sat Lantas Polres Malteng tidak secara langsung melakukan penilangan kepada pengguna kendaraan terutama kepada pengendara roda dua.

Namun yang di lakukan adalah memberikan himbauan dan teguran kepada pengguna kendaraan yang bersalah dengan ketentuan apabila masih saja melakukan pelanggaran maka sudah tentu di lakukan penilangan sesuai dengan kesalahan yang di peroleh.

Selain itu juga sat lantas polres Malteng terus melakukan pembagian brosur dan stiker himbauan tentang keselamatan berlalu lintas serta pemasangan spanduk keselamatan berlalu lintas pada titik-titik keramaian masyarakat di beberapa ruas jalan kota kota Masohi.

Kepada media ini Kasat Lantas Polres Malteng AKP FRANS NIOVALDO S.T.K, S.I.K saat di hubungi membenarkan kalau jajarannya terus melakukan operasi zebra berdasarkan petunjuk Kakorlantas Polri hingga tanggal 17/09 nantinya.

Kendati demikian dirinya (Kasat Lantas) mengatakan kalau pada hari ketiga pelaksanaan operasi zebra ini ada terdapat beberapa pelanggaran kecil yang di temukan terutama pengendara roda dua.

Misalnya ada pengendara yang sengaja lawan arus jalan, tidak menggunakan helm terutama orang yang di bonceng dan bahkan masih ada pengendara roda dua yang menggunakan helm yang bukan standar SNI.

Dari pelanggaran ini kami masih melakukan teguran dan melakukan pencatatan plat nomor polisi, sehingga ketika dilakukan operasi lanjutan, apabila kedapatan maka sudah pasti dilakukan penilangan secara langsung di tempat, ucap Kasat.

Selain melakukan operasi tambah Kasat, pihaknya terus melakukan himbauan keselamatan kepada masyarakat melalui pemberian stiker, pemberian brosur dan pemasangan spanduk himbaua.

Selain itu juga kami melakukan himbauan dan penertiban kepada para pedagang di pasar yang melakukan jual beli hingga menggunakan bahu jalan.

Inikan fatal, apabila penjual yang berjualan sampai di bahu jalan karena mudah menimbulkan kecelakaan antara pengendara dengan pejalan kaki ataupun pengendara dengan penjual, jelasnya.

Selain itu juga tambah Kasat kalau sat Lantas Polres Malteng juga akan melakukan penertiban kepada kendaraan angkot yang menggunakan soun sistem berupa toa di mobil angkot.

Apabila kedapatan nantinya maka kami akan melakukan penarikan toa, dan sampai dua atau tiga kali dan sengaja tidak mengindahkan maka sudah pasti ijin trayek akan di cabut, ucapnya.

Dalam operasi zebra ini juga jajaran kami akan melakukan patroli dan pengaturan kepada kendaraan roda empat baik kendaraan umum maupun kendaraan taxi.

Patroli yang di lakukan ini mulai dari dalam kota Masohi hingga di negeri Amahai maupun di negeri Makariki.

Jadi operasi zebra ini tetap di laksanakan dan di gaunkan agar masyarakat tetap mematuhi rambu dan aturan lalu lintas bahkan memahami pentingnya kelengkapan saat berkendaraan agar bisa terhindar dari berbagai pelanggaran maupun masyarakat bisa merasa aman dan nyaman dalam berlalu lintas, sebut Kasar.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *