Pangdam XVI/Pattimura Ikuti Vidcon Pengarahan Kasad

TNI

Ambon,CakraNEWS.ID-Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh mengikuti video conference (vidcon) pengarahan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, di ruang Vidcon Kodam XVI/Pattimura, Makodam, Senin (17/10/2022).

Dalam pengarahan yang diikuti seluruh Pangkotama TNI AD tersebut, Pangdam XVI/Pattimura didampingi Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman dan Asistennya. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya Vidcon ini ialah selain ajang silaturahmi Kasad dengan jajarannya juga paparan masing-masing Kotama tentang situasi terkini di wilayahnya.

Membuka sambutannya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman pertama-tama mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pangkotama yang selama ini sudah bekerja keras. Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Selanjutnya Kasad menekankan, terkait masalah narkoba. Kasad meminta kepada para Pangkotama untuk meyakinkan betul dan sidak hingga satuan bawah jangan sampai ada keterlibatan anggota.

“Tekankan betul saat Jam Pimpinan dan pantau perkembangan situasi”, ujar Kasad

Kasad juga menyinggung masalah judi online yang saat ini marak dimasyarakat. Hal ini terjadi akibat tuntutan ekonomi dan gaya hidup yang mewah. Untuk itu Kasad menekankan untuk hidup sederhana. Terkait cuaca ekstrem yang baru-baru ini melanda dibeberapa daerah di Indonesia, Kasad menekankan untuk perlunya pengecekan kesiapan penanggulangan bencana sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan semuanya sudah siap.

Dalam waktu dekat ini akan diadakan pemilihan kepala daerah maupun Pemilihan Presiden pada Tahun 2024 mendatang. Terkait hal tersebut, Kasad memberikan penekanan ulang terkait “Netralitas” TNI, bahwa TNI tidak memihak siapapun dan partai apapun.

Selain itu, Kasad memberikan masukan kepada Babinsa sebagai garda terdepan untuk melakukan program babinsa masuk dapur warga, yang mana artinya Babinsa mengecek keadaan masyarakat binaannya sebagai wujud kepedulian antar sesama.

Terakhir Kasad menyampaikan saat ini terdapat 17.040 kampung Pancasila yang tersebar di seluruh Indonesia, yang mana tujuan dibuatnya Kampung Pancasila tersebut untuk membantu masyarakat dan mencegah masyarakat terkontaminasi dengan aliran-aliran radikal. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan kondisi terkini Pangkotama masing-masing baik dalam bidang Intelijen, Operasi, Teritorial dan Personil.

Untuk Kodam XVI/Pattimura, Pangdam XVI/Pattimura memaparkan dalam waktu dekat ini akan diadakan Sail Tidore 2022 yang kemungkinan akan dikunjungi Presiden RI yang berlangsung pada November mendatang selama enam hari, sejak tanggal 24 hingga 29 November.

Untuk itu akan diadakan peninjauan kesiapan pengamanan kegiatan tersebut. Selain itu disampaikan juga terkait Rekonsiliasi, Rekontruksi dan Rehabilitasi konflik Kariu/Ori yang beberapa waktu lalu terjadi di Maluku.*CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.