Pantai Owan, Surganya Pantai di Pulau Gorom

Adventorial Hiburan Traveling
  • Pagi itu angin bertiup pelan bagaikan nafas, kelopak mata terbuka lebar tersenyum memandang perahu nelayan, anak-anak pantai sedang bersorak gembira menuju tempat menimbah ilmu mentari pagi yang terpantul dari laut biru begitu jernih, nampak keungu-unguan.
  • Ditemani pemandangan hijau yang masih nampak gelap serta suasana yang dingin akan semakin menantang travelers untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit di balik syurga tersebunyi di hamparan Jazirah Timur Goran Riun.*** (Baim Abdullah Rumadaul)

Bula, CakraNEWS.ID – Tak bisa dipungkiri kalau Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), menyimpan kekayaan wisata yang tak ada habisnya. Bahkan, eksotisme wisata alam di Kabupaten SBT pun terdengar hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Salah satu destinasi yang menarik perhatian wisatawan adalah pantai-pantai yang tersebar di seluruh pelosok Kabupaten SBT.

Pulau Gorom Kabupaten SBT merupakan sebuah kawasan yang juga layak dijadikan sebagai tempat liburan panjang dengan sejumlah panorama alam wisatanya yang tak kalah jauh dari daerah yang lain. Di sana Anda akan disuguhkan dengan pengalaman berpetualang di sejumlah wisata bahari.

Jika Anda hendak pergi ke Pulau Gorom, jangan lupa untuk menjajal Pantai Owan yang menjadi salah satu destinasi terbaik di kalangan wisatawan. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru, pasir putih dan sejumlah pohon hijau yang tumbuh di pantai tersebut.

Lembutnya pasir putih, birunya langit dan air laut, serta gelombang ombak mampu mengusir penat seketika. Memang tidak semua pantai memiliki pasir putih, ada yang hitam, ada pula yang kemerahan.

Selain itu, bebatuan granit dan keindahan batu karang di pantai owan juga akan memanjakan mata selama liburan di sana. Pesona yang luar biasa untuk dihabiskan bersama teman, atau pun keluarga. Pantai di sana juga landai dan aman untuk anak kecil.

Hamparan pasir putih yang halus akan menghiasi semua perjalanan Anda selama berada di sana. Selain itu, pesona bebatuan dan gugusan pulau-pulau kecil yang cantik diabadikan jika hendak berwisata ke Pantai Owan.

Buat kamu pecinta traveling yang penasaran sama pantai yang masih perawan, asri dan jarang terjamah, boleh bertandang di Pantai Owan. Sesuai namanya, pantai satu ini memang jarang sekali terjamah oleh masyarakat luas. Untuk itu dipastikan bahwa wisata satu ini emang jauh lebih alami dibandingkan dengan pantai-pantai yang lagi hits.

Pasir putih dengan kaki-kaki ombak yang biru serta hamparan pasir, Minggu (2/02/2021) siang itu terlihat mempesona. Pantai indah di sisi Timur Kabupaten SBT, Kecamatan Pulau Gorom itu mulai menggeliat menunjukkan diri sebagai salah satu destinasi wisata yang asri.

Pantai Owan, di Kilkoda Kecamatan Gorom Timur itu sejak dua tahun terakhir dikelola oleh Pemerintah Desa setempat namun belum bisa di pastikan fasilitas penunjang menjadi objek destinasi wisata yang lain pada umumnya. Pasalnya, objek wisata satu ini sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan baik dari masyarakat di Pulau Gorom dan diluar Pulau Gorom.

Pantai nan elok ini, pengelola tempat wisata itu harus berjibaku menata kembali dan mengerahkan segala inovasi agar tetap menarik perhatian wisatawan untuk menjadikan sebagai salah satu tempat berlibur saat bertandang ke Pulau Gorom.

Beragam fasilitas dan sarana penunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung terus diperhatikan sehingga membuat pantai ini bisa benar-benar menarik perhatian para pecinta pantai.

“Sesungguhnya, obyek wisata kita sangat banyak dan beragam, saya sudah mengelilingi beberapa wilayah di Pulau Gorom dan melihat berbagai potensi destinasi Pariwisata kita yang sungguh luar biasa,” ungkap Amnun Naqib salah satu anggota KPU Kabupaten SBT saat berkunjung pada kegiatan Festival Kataloka beberapa waktu lalu.

Saat berkunjung ke owan Ia menerangkan, keindahan Pantai Owan yang memiliki pantai pasir putih, pantai pasir emas dan jenis warna pasir lainnya yang indah dan unik serta bebatuan granit dan karang yang menjulang tinggi di pantai sekitar menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai itu.

Selain itu, Amnun yang berasal dari Kota Bula ini juga mengagumi keindahan alam yang ada di negeri berjuluk Lou Lean yang bebarapa kali dikunjunginya, serta mengabadikan beberapa momen di pantai yang sangat menakjubkan itu.

Menurut Amnun, destinasi wisata yang ada di Pulau Gorom dan beberapa wisata di Kabupaten SBT tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia seperti Bali dan Raja Ampat serta Ora Beach yang sudah lebih dulu terkenal.

“Kita hanya butuh banyak sentuhan, dari Pemda Kabupaten dan Pemda Provinsi ditambah promosi wisata serta mengajak investor untuk berinvestasi dibidang Pariwisata yang sangat potensial di SBT seperti Owan, Danau Sole, Air Panas Nif, Tanusang Geser, Pantai Keter, Pantai Gumumae dan beberapa spot wisata lainya yang ada di SBT, ” ajaknya.

Lanjut dia, “Dengan unggahan di media sosial (medsos) tentang destinasi Pantai Owan, dunia luar akan mengetahui langsung keindahan pantai ini sehingga bisa meluangkan waktu datang ke tempat ini, ” ujar Amnun memotivasi warga masyarakat SBT agar memanfaatkan medsos untuk hal-hal yang positif.

Menurut Amnun, tentu ada upaya Pemerintah Daerah (Pemda) SBT melalui Dinas terkait menata obyek ini agar lebih menarik minat pengunjung, seperti membenahi perluasan akses jalan masuk, menyediakan penerangan listrik dan sarana kelengkapan lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat saat berwisata.

Seorang pengunjung asal Kecamatan Siritaun Wida Timur Bambang Rumoma juga menuturkan, bila Pantai Owan yang indah ini dikelola sebaik mungkin oleh pemerintah sudah pasti dapat mendongkrak PAD, terserah pemerintah apakah pengelola nya dipihak ketigakan atau pemerintah secara langsung.

Diharapkan pemuda asal Salagur ini, dengan lengkapnya fasilitas di pinggir pantai ini maka pengunjung akan merasa aman dan nyaman dan secara otomatis akan menambah pendapatan asli daerah.

“Semoga saja eksekutif dan legislatif dapat melihat dan menggali potensi PAD ini,” pungkas Bamz sapaan akrabnya.

Dari pantauan media ini, suasana di Pantai Owan Kecamatan Gorom Timur pada saat itu terlihat masih sangat alami, dimana ada beberapa spotnya hampir tidak ada sentuhan polesan tangan manusia yang terasa dan seperti pesona tersembunyi.

Menurut penduduk setempat, Pantai Owan ini kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah. Hal ini sangat disayangkan karena di pantai ini hampir tidak ada fasilitas umum yang tersedia, bahkan kamar mandi dan toilet pun harus menumpang di rumah penduduk sekitar pantai.

Pantai Owan, Selain menawarkan pemandangan laut yang indah, suasana di tepi pantai cukup asri dan sejuk, di lokasi dekat pintu masuk terdapat pohon pala dan cengkeh serta pohon-pohon lainya yang cukup rindang, cocok sekali digunakan untuk lesehan dan melepas penat selama perjalanan menuju pantai.

Berdasarkan cerita dari salah satu penduduk sekitar, Pada tahun 2021 yang lalu, pasir putih Pantai Owan dihiasi oleh ombak sedang dan air yang cukup keruh. Hal ini dikarenakan Pulau Gorom dan sekitarnya diguyur hujan cukup deras pada saat itu. Selain pasir putih, pantai Owan di beberapa tempat juga dihiasi batu karang yang sangat cantik.

Di balik kelebihan dan kekurangannya, Pantai Owan adalah objek wisata di Kabupaten SBT yang patut dikunjungi. Dengan harapan semoga saja pemerintah setempat dapat memberikan sedikit perhatian untuk aset-aset wisata seperti ini agar pesona-pesona tersembunyi keindahan negeri ini dapat dinikmati khalayak ramai.*** CNI-08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *