Peduli Dampak Karhutala, Kapolres Tanjungpinang Pantau Kesiapan Posko Kesehatan Di Puskesmas Batu 10

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Tanggap masalah pencemaran udara akibat kabut asap dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutala) di Kabupaten Tanjungpinang, dilakukan oleh Polres Tanjung Pinang bersama dengan Dinas Kesehatan mendirikan posko kesehatan kepada masyarakat.

Olehnya itu untuk memastikan kesiapan Posko kesehatan pengendalian dampak kabut asap tersebut dilakukan oleh Kapolser Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, dengan menyambangi secara langsung Posko Kesehatan yang ada di Puskesmas Batu 10 jalan Adi Sucipto,Kilometer 10 Tanjung Pinang, Kamis (19/9/2019).

Pelaksanaan pemantauan poseko kesehatan di Puskesmas Batu 10, Kapolres Tanjung Pinang didampingi Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Indra Jaya dan Kasat Intelkam  AKP Monang P. Silalahi melakukan pengecekan kesiapan Posko baik Personel dan anggota yang bertugas di Posko dan kelengkapan peralatan Posko.

“Selaku Kapolres Tanjung Pinang, Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh instansi terkait atas terbentuknya posko pengendalian Kabut Asap ini. Posko ini dibentuk wujud kepedulian kita terhadap masyarakat, sehingga jika ada masyarakat yang sakit atau mengalami gangguan akibat dampak kabut asap dapat segera dilayani,”ungkap Kapolres disele-sela kunjungannya.

Ia mengatakan, penggunaan masker yang baik dan benar perlu disosialisasikan kepada masyarakat sehingga lebih efektif dalam upaya mencegah timbulnya dampak akibat kabut asap bagi kesehatan.

Meresponi himbauan menggunakan masker kepada masyarakat dari Kapolres Tanjungpinang, selaku dokter umum Puskesmas Batu 10 Dr. Afrizeni, menjelaskan cara pemakaian masker yang baik dan benar yaitu:

  1. Pada masker terdapat 2 sisi yg umumnya berwarna hijau dan putih di tiap sisinya.
  2. Sisi hijau berada di luar dan sisi putih berada di dalam (menghadap ke wajah).
  3. Masker menutupi hidung serta mulut.
  4. Pastikan posisi masker menutup rapat / pas di hidung dan mulut.
  5. Posisi atas masker yaitu yang memiliki sebentuk garis kawat hidung.

Selain itu selaku Kasubag Tata Usaha Puskemas Batu 10,Rumondang Pakpahan,mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan peninjauan Bapak Kapolres Tanjung Pinang ke Puskesmas/Posko Kesehatan Penanggulangan Kabut Asap Batu 10 yang mana sampai saat ini belum ada laporan/ pengaduan/ keluhan masyarakat terkait ISPA atau  masalah kesehatan akibat kabut asap.

“Puskesmas/Posko Kesehatan Penanggulangan Kabut Asap Batu 10 juga telah memasang spanduk dan melakukan penyuluhan kepada masyarakat bagaimana cara penggunaan masker yang baik dan benar,” tutur Rumondang. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *