Pemda MBD Kembali Salurkan Bantuan ke Desa Terdampak Bencana Alam

Pemerintahan

Tiakur, CakraNEWS.ID– Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) kembali menyalurkan Bantuan kepada Masyarakat Desa Jerusu dan Desa sekitar yang terdampak bencana alam banjir dan Longsor. Bantuan yang disalurkan pemkab MBD berupa sembilan bahan pokok (Sembako).

Pantauan media ini, sejumlah sembangko tersebut diantaranya, 20 Karung Beras, Sarimi 15 Karton, ikan kaleng 5 karton, telur 5 ikat, Gula 25 Kg, kopi 1 karton, Daun teh 1 karton. Ratusan sembako itu diangkut mengunakan Kapal KM Sabuk Nusantara 34 sejak Senin 05/07/22.

Menurut kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten MBD, Dalma Eoh bahwa, Bantuan tersebut diberikan kepada 11 kelapa keluarga (KK) dengan jumlah 58 jiwa Yang terdampak Bencana Banjir dan Longsor di desa tersebut.

“Petugas kami telah berangkat mengantarkan bantuan itu dengan KM Sanus 34 Kemarin,” kata Dalma Eoh, yang dikonfirmasi awak media, Selasa (06/7/2022).

Perihal kedua desa yang terdampak bencana alam, diakui, kerusakan rumah/bangunan yang rusak akibat banjir dan tanah longsor. Ia menyatakan, pihaknya akan melakukan kajian komprehensif terkait masalah tersebut sesuai aturanya.

“Ada SOP nya atau juknisnya yang mengatur tentang mana yang bisa ditangani bencana karena ada skala kebencanaan,” jelas dia.

Dirincikan, kalau rumah retak sediki itu menjadi tanggungjawab kita (BPBD).

“Tapi kalau perbaikan rumah skalah besar ambruk itu juga menjadi tanggung jawab kita namun terlebih dahulu harus didata. Kita akan berkoordinasi dengan Pimpinan Daerah karena tugas kita hanya kedaruratan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah ini, dapat dipergunakan sebaik-baiknya demi kebutuhan masyarakat sekitar yang terkenal dampak Bencana Banjir dan tanah longsor. *CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.