Pengamanan Prosesi Adat Renovasi Rumah Raja Hitulama Langsung Dipimpin Kapolsek

News Polri

Maluku, CakraNews.ID- PROSESI adat renovasi atap rumah raja negeri Hitulama berlangsung tertib dan terkendali, Sabtu (16/11).

Polsek Leihitu tak tanggung-tanggung melakukan pelayanan sejak dari persiapan hingga berlangsungnya acara sakral tersebut dini hari.

Pantuan media ini, dalam pelayanan pengamanan langsung dipimpin langsung Kapolsek Leihitu Iptu, DJAFAR LESSY, SE.

Sebagaimana dilaporkan patner grup CNI.ID (kabarterkini.news) bahwa masyarakat negeri Hitulama kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) melaksanakan prosesi adat renovasi atap rumah raja, Sabtu 16/11/2019.

Prosesi adat kegiatan dimulai dengan pengambilan atap pertama dari Rumah Tua marga Pelu.

Selanjutnya atap-atap yang terbuat dari dari daun sagu itu dibawa menuju Rumah Raja Negeri Hitu lama dengan mengunakan bahan-bahan tradisional yang di bentuk seperti perahu mengelilingi Negeri Hitu menuju rumah Raja Negeri Hitulama.

Rombongan masyarakat yang menggiring atap rumah dipimpin tokoh adat. Sesampainya di rumah tua raja Hitulama, diterima langsung oleh Raja Negeri Hitulama, Salhana Pelu S.Sos.

Ketiatan tersebut merupakan kegiatan adat yang turun temurun di laksakanan pada saat pergantian atap rumah adat Rumah Raja Negeri hitu lama.

Turut hadir dalam giat tersebut, Masayarakat Negeri Ery kecamatan Nusaniwe kota Ambon.

Eri merupakan gandong dari negeri Hitulama. Selain Eri, masyarakat Negeri galala Sebagai pela dari Negeri Hitulama juga mengikuti prosesi adat renovasi atap rumah raja.

Direncanakan pada pukul 15:00 WIT sore nanti, akan dilanjutkan dengan kegiatan penutupan atap rumah adat Rumah adat Negeri Hitulama dan dilanjutkan malam hari acara adat pasar malam.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *