Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana, Bupati SBB Ingatkan Masyarakat Untuk Ikhtiar Dan Waspada Bencana

Pemerintahan

Piru,CakraNEWS.ID- Langkah pencegahan terjadinya musibah bencana alam yang sering terjadi dilingkungan masyarakat, disikapi Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) bersama TNI-Polri dan seluruh stakeholder dengan menyiagakan tim siaga bencana.

Proses pengecekan tim siaga bencana dengan peralatan dan perlengakapan yang dimilik baik dari jajaran TNI-Polri maupun Instansi Pemrintah, digelar apel siaga bencana, yang dipimpin langsung oleh Bupati Seram Bagian Barat, Mohammad Yasin Payapo.

Apel siaga bencana yang berlangsung di lapangan Mapolres Seram Bagian Barat, pada Selasa (17/11/2020), di hadiri oleh Kapolres Seram Bagaian Barat, AKBP Bayu Tarida Butar-Butar, Perwira Penghubung Kodim 1503/Masohi, pimpinan OPD. Serta menghadirkan peserta apel, dari Satuan Setingkat Kompi (SST) personil TNI, personil Polri, Damkar, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten SBB.

Bupati SBB dalam sambutanya mengatakan, antisipasi akumulasi cuaca  dengan intensitas curah hujan yang terjadi dari bulan Oktober hingga November 2020,tentunya akan menimbulkan bencana Hedrometeorologi berupa, banjir, tanah longsor, angin kencang, gempa bumi dan tsunami. Hal ini tentunya perlu disikapi oleh Pemerintah Kabupaten Seram bersama seluruh stakeholeder.

“Berdasarkan perkirakan cuaca diwilayah Kabupaten SBB sudah memasuki musim hujan sehingga perlu di waspadai dan  antisipasi sedini mungkin. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu di inggatkan, diantaranya di perlukan kesiapan mental dan fisik di landasi dengan komitmen dan disiplin yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Bertindaklah secara cepat dan tepat dalam melakukan tindakan dalam rangka antisipasi bencana alam di Kabupaten SBB,dengan terus meningkatakan koordinasi dan sinergitas bersama intansi terkait dalam rangka antisipasi bencana alam yang terjadi di Kabupate SBB,”ungkap  Bupati

Bupati SBB juga menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Polres SBB dan jajaran TNI, yang sudah membantu Pemerintahan Kabupaten SBB dalam rangka melakukan kesiapan dan kesiagaan dalm penanggulangan bencana   mengucapkan terima kasi kepada polres SBB yang sudah melaksankan tugas polres ,untuk membantu pemerintah Daerah dalam rangka melakukan kesiapan kersiapan mencegah adanya bencana .

“Peristiwa bencana yang terjadi di Kabupaten SBB, perlua diantisipasi dan diwaspadai setiap saat. Oleh sebab itu langkah strategi yang di lakukan oleh jajajran Polres SBB dan TNI, tentunya mengingatkan kita semua perlu ada persiapan persiapan nanti secara aktual ,di lakukan oleh Pemerintah Daerah, seperti Sosialisasi itu yang di pikirkan oleh pemerintah Daerah,”tutur Bupati

Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat Seram Bagaian Barat, untuk tetap waspada dengan bencana alam yang kapan saja terjadi dengan kondisi dan situasi alam.

“Kepada masyarakat di Kabupaten SBB agar jangan lupa bahwa pernah kita alami bencana alam, karena tidak ada satupun yang bisa memastikan bencana sudah tidak ada lagi di Kabupaten SBB. Untuk itu kita tetap waspada bencana itu datang kapan dengan kondisi yang sedemikian rupa. Sebab itu masyarakat di ingatkan hati-hati,Iktiar, kalau memangnya ada kejadian tiba-tiba sudah harus di antisipasi seperti larinya ke tempat yang aman,” himbau Bupati SBB. (CNI-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *