Pj Walikota Ambon Lantik Kepala Pemerintahan Negeri Batu Merah

Pemerintahan

Ambon,CakraNEWS.ID-Penjabat Walikota Ambon akhirnya melantik Kepala Pemerintahan alias Raja negeri Batu Merah kota Ambon, Senin (11/12/2023). Pelantikan berlangsung khidmat di Balai Kota Ambon.

Kepala Pemeritahan Negeri yang dilantik adalah Ali Hatala Berdasarkan SK Wali Kota Ambon nomor 1821 tahun 2023. Meski diketahui sebelumnya, rencana pelantikan tersebut sempat diwarnai aksi protes warga hingga berujung aksi tutup jalan pekan lalu. Namun pelantikan hari ini (red-) terpantau aman dan terkendali.

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M Wattimena dalam amanatnya menyatakan, pemeritah kota mengembalikan seluruh prosesi adat masing-masing negeri sesuai fungsi dan tupoksinya.

“Pemerintah kota Ambon tidak mencampuri urusan adat negeri negeri di Ambon termasuk negeri Batu Merah. Pemerintah kota sangat menghargai adat negeri-negeri” akui dia.

Wattimena menegaskan, pemerintah kota tidak berada pada pihak manapun. Melinkan pihaknya ada pada keputusuan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

“Pemerintah kota Ambon hanya mengeksekusi hasil putusan yang ada,” akui Wattimena.

Wattimana kesempatan itu meminta raja Negeri Batu merah untuk memperhatikan tiga hal ini dengan sungguh-sungguh:

  1.  Negeri Batu Merah adalah negeri adat, maka perlu dijaga. Jangan ada evoria yang berlebihan setelah prosesi ini berlangsung.
  2. Raja Batu merah adalah Raja untuk semua masyarakat di Batu Merah. Tidak boleh pandang bulu dalam melayani
  3. Negeri Batu Merah adalah Negeri yang aman dan damai dalam situasi apapun

Sebelumnya, pengukuhan Ali Hatala sebagai Raja Negeri Batu Merah, dilakukan secara adat sekitar pukul 07:0 WIT. Pengukuhan dilakukan secara adat Hatala, yang merupakan keturunan Hatukau dan mata rumah parenta.

Prosesi pengukuhan Ali Hatala yang dilakukan oleh Kepala Dati Lisaholet Negeri Batu Merah diwarnai tarian cakalele oleh sejumlah Pemuda Hatala.

Pengukuhan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah adat pengukuhan, pemasangan mahkota kepada Ali Hatala sebagai Raja Negeri Batu Merah yang baru di dampingi kepala-kepala Dati.

Proses adat dilakukan juga di mesjid Agung An’Nur Batu Merah sebagai wujud syukur masyarakat Negeri kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa.*CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *