Polres SBB Mantapkan Operasi Lilin Melalui Rapat Sektoral

Lintas peristiwa News Polri

Piru, CakraNEWS.ID– Memantapkan operasi lilin Polres Seram Bagian Barat (SBB) dilakukan dengan cara rapat lintas sektoral.

Rapat yang bersifat kordinasi itu dalam rangka Pengamanan Malam Natal 25 Desember 2020 dan Malam Tahun Baru 1 Januari 2021 itu digelar di Aula Bhayangkara.

Dengan tema Rakor Lintas Sektor Dalam Rangka Kesiapan OPS Lilin Siwalima 2020, Rapat dipimpin langsung Kapolres SBB, AKBP. Bayu Tarida Butar-Butar.

Kapolres menyatakan, untuk menciptkan kenyamanan masyarakat dalam momentum hari besar umat kristiani merupakan tanggung jawab bersama semua pemangku kebijakan di SBB.

Tanggung jawab itu kiranya dapat diimpeltasikan dengan himbauan dari setiap sektor kepada masyarakat.

Selain itu, Kapolres juga menyoal proteksi kesehatan ditengah mewabahnya Pandemic Covid19.

“Harus menjaga Basudara Kita yang datang dari Luar Daerah Masuk Kab SBB, menurut Kapolres itu yang menjadi satu kerawanan ,tidak tau yang masuk ini OTG atau tidak, ini perlu Kita antisipasi bersama,” ungkapnya.

Kapolres kesempatan itu menegaskan. Banyak pemuda yang mabuk mabukan apa lagi menjelang Natal Dan Tahun Baru. Kemungkinan akan adanya peningkatan karena ada beberapa kejadian yang selama didapati oleh jajaran Polres SBB.

“Yang pernah terjadi pada malam tahun baru 2020 ada seorang Anak yang bakar Orang Tuanya sendiri. Itu karena di pengaruhi Miras ada lagi persetubuhan disertai dengan penganiyayaan terhadap Anak di bawa umur dan Korbanya Meninggal Dunia. Kasus-kasus itu bersumber dari pengaruh Miras. Belum lagi banyak sekali kecelakaan lalulintas akibat dari pengaruh Miras itu,” akui Kapolres.

Tidak bisa kita pungkiri yang selanjutnya kgiatan yang mengundang kerumunan masa ,banyak kegiatan yang lernag di bahas di polsek piru ,ada Masyarakat yang samapaikan bahwa masi ada pernikahan ,setelah selesai pernikahan,mereka mengadakan kegiatan keramaian( pesta) .menurut Kapolsek kegiatan pernikahan tidak maslah ,asalkan jangan membuat keramaian yang membuat kerumunan Masa ,ini merupakan suatu kerawanan pandemi.

“Ini perlu kita cermati sehingga acara ini merupakan tindak lanjut, perintah dari Pusat, lintas sektoral itu perlu di tingkatkan, sekaligus melakukan pengecekan kesiapan dari masing masing Intansi terkait samapai sejauh mana kesiapan Kita, untuk antisipasi kerawanan,” papar Kapolres.

Kapolres juga membuka ruang kepada jajaran Satpol-PP untuk operasi Yustisi. Kendati demikian, Satpol PP tidak berdiri sendiri karena ada di dampinggi TNI / Polri.

“Kesiapan Kadis Kesehatan seperti,alat Kesehatan, Kadis Deperindak, 9 bahan pokok , Direktur PLN, persiapan agar jangan lampu padam pada saat Natal dan Tahun Baru,” tamba Kapolres menambahkan point.

Di tempat yang sama, Bupati SBB M Yasin Payapo melalui Sekretaris Daerah Mansur Tuharea, mengapresiasi rapat sektroal yang diinisiasi Polres SBB.

“Kita semua di undang oleh Kapolres di sini, untuk bagaimana menjelang Natal 25 Desember dan malam Tahun Baru 2021, untuk bagaimana menciptakan kondisi yang aman kondusip dan bisa di nikmati oleh Katong samua. ini adalah Moto dari Tokoh Tokoh Kita di Kab SBB jelas, ” Bersama Katong Bisa”. Untuk itu wajib Hukumnya semua harus rasa memiliki,” papar Tuharea.

Pihaknya berharap, semua berperan dalam menjaga di pintu masuk seperti di Dermaga Feri Waipirit.

“Apabila tamu maupun sudara sudara Kita yang datang dari luar Daerah, tetap di waspadai, jangan samapai ada yang tertular Virus Covid-19, bisa mengakibatkan terjangkit pada Kita di sini. Harapannya agar mari Kita bergandengan tangan melawan Virus Corona ini, dengan selalu memakai Masker, jaga jarak, cuci tangagn jauhi dari kerumunan Masa,” pungkasnya.***CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *