Polri dan Polda Se-Indonesia Tanam 250 Ribu Bibit Mangrove Untuk Atasi Dampak Perubahan Iklim

Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Dalam rangka merayakan hari jadi ke-72 Divisi Hubungan Masyarakat (Divhumas) Polri, Polri dan Polda se-Indonesia menyelenggarakan penanaman serentak 250 ribu bibit mangrove. Aksi penanaman ini bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho menyampaikan bahwa penanaman bibit mangrove ini tidak hanya terjadi di satu tempat, melainkan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini merupakan langkah konkret Polri dalam membantu mengatasi dampak perubahan iklim.

“Penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan di sini, tapi serentak di seluruh Indonesia sebagai wujud nyata Polri membantu mengatasi dampak perubahan iklim,” ujar Irjen Sandi Nugroho setelah menanam mangrove di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara.

Tidak hanya Divisi Humas Polri yang terlibat dalam aksi mulia ini, tetapi juga 34 bidang humas di tingkat polda ikut serta dalam penanaman mangrove. Sandi menjelaskan bahwa penanaman mangrove ini juga dilakukan sebagai respons terhadap fenomena El Nino.

“Jumlah pohon yang ditanam pada hari ini kurang lebih sekitar 250 ribu, dan hari ini juga merupakan rasa syukur dari Divisi Humas yang beranjak berusia 72 tahun. Divisi Humas selalu berupaya untuk bekerja yang terbaik dan mengintrospeksi diri untuk selalu bisa memperbaiki apa yang belum baik pada tahun-tahun sebelumnya,” ungkap dia.

Menurut Sandi, selain menjadi upaya untuk mengatasi dampak perubahan iklim, penanaman mangrove juga dilakukan untuk mengatasi masalah polusi udara yang semakin memburuk di wilayah DKI Jakarta.

Hal ini sejalan dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diutarakan dalam KTT AIS Forum 2023, yang mendorong kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan.

“Utamanya kita kedepankan mangrove, karena kemarin juga menjadi atensi Bapak Presiden pada KTT AIS, bahwa salah satu pertemuan forum negara kepulauan dan negara pulau itu membuat kesepakatan untuk menjaga laut sebagai sumber daya yang harus kita jaga dan kita perhatikan untuk bisa bermanfaat bagi seluruh kehidupan masyarakat maupun dunia,” jelas Sandi.

Selain penanaman mangrove, Divisi Humas Polri juga telah melakukan kegiatan bakti sosial dengan donor darah dan pembagian 8.000 liter air bersih kepada warga di Penjaringan, Jakarta Utara, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun mereka. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *