Presiden RI, Joko Widodo Tegaskan, Natuna Merupakan Wilayah NKRI Tidak Ada Tawar-Menawar Dengan Kedaulatan

Hukum & Kriminal

Kepri,CakraNEWS.ID- Atasi gejolak permasalahan Zona Ekonomi Eksklufsif  (ZEE) antara Indonesia-Cina yang terjadi di Perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, ditangapi oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, dengan menegaskan bahwa Natuna merupakan wilayah teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dan tidak ada istilah tawar-menawar tentang hal yang berkaitan dengan kedaulatan.

Ketegasan tersebut, disampikan oleh Presiden RI dalam pertemuan bersama para nelayan yang berada di 15 Kecamatan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri.

“Tidak ada kapal asing yang masuk dalam teritorial Indonesia yang ada hanya Kapal Asing yang masuk kedalam perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia. Namun harus di ingat jika terdapat kapal nelayan asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia maka akan kita beri tindakan,” tegas Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, pada Rabu (8/1/2019).

Jokowi juga memerintahkan agar Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, yang ada di Kabupaten Natuna diharapkan memiliki manfaat yang besar kepada nelayan lokal. Hal tersebut tentunya akan menjadi perhatian Pemerintahan Pusat, agar pengelolaan sumber daya alam yang ada di Natuna, dapat dimanfaatkan dengan baik serta harus terasa langsung manfaatnya kepada nelayan dan masyarakat Natuna.

Dalam kunjungan kerja di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, beserta rombongan tiba di Lanud Raden Sadjad Ranai-Natuna Provinsi Kepri pada Rabu (8/1/2020).  Tiba di Lanud Raden Sadja Ranai-Natuna, Presiden di sambut langsung oleh Panglima Komandan Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, Pangdam I/BB Mayjend TNI M.Sabrar Fadhila, Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K,Plt Gubernur Kepri H. Isdianto, dan Pangkoopsau Masrda TNI Khairil Lubis.

Dari Lanud Raden Sadjad pada pukul 09.30 WIB rombongan Presiden RI bergerak menuju Faslabuh TNI-AL Selat Lampa dengan menggunakan jalur darat, selanjutnya rombongan bertolak menuju Pelabuhan SKPT Selat Lampa Kabupaten Natuna. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *