Prinsip “BETAH”, SSDM Polri Minta Pengawas Internal Dan Eksternal Polda Maluku Awasi Seleksi SIP Dengan Baik

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Proses seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) ke-52 tahun anggaran 2023, oleh Kepolisian Daerah Maluku, di awasi langsung oleh Markas Besar Kepolisian.

Pengawasan Mabes Polri tersebut, berlangsung dalam zoom meeting, pada pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas SIP, yang di pimpin langsung oleh Karo SDM Polda Maluku, Kombes Pol Denny Yono Putro, didampingi Karo Ops, Kombes Pol Asep Saepudin, dan Kabid Propam Polda Maluku Kombes Pol Nugroho Agus Setiawan, dari Aula Dharma Mapolda Maluku, Kota Ambon, Jumat (13/1/2023). Kegiatan tersebut turut dihadiri para pejabat utama Polda Maluku, para panitia  internal, serta perwakilan peserta seleksi SIP angkatan ke-52.

Karo Dalpers SSDM Polri, Brigjen Pol Nurworo Danang, menyampaikan, kegiatan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas bukan hanya sebagai seremonial, namun diharapkan dapat menjadi bagian dari komitmen bersama, baik panitia maupun seluruh peserta seleksi. Komitmen bersama yang terbangun, kata Danang, diharapkan dapat melaksanakan tugas dan kewajiban yang dipercayakan oleh pimpinan polri.

“Sebagai panitia kita diberikan tanggung jawab untuk bisa menyelenggarakan proses seleksi ini dengan sebaik baiknya, dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis,” katanya.

Kepada para pengawas internal dan eksternal yang telah ditunjuk pimpinan polri, Danang meminta agar dapat melaksanakan fungsi pengawasan dengan baik.

“Pengawas juga diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab, untuk mengawasi baik panitia atau para peserta seleksi,” pintanya.

Sementara itu, terhadap peserta seleksi, ia meminta agar tanggung jawab untuk mengikuti seluruh pentahapan seleksi dapat dilalui sesuai dengan norma yang telah ditetapkan.

“Apa yang telah kita ikuti bersama tadi pengambilan sumpah atau pun pakta integritas tidak hanya sekedar mengucapkan, namun demikian menjadi janji kita, komitmen kita, kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kepada Allah SWT,” katanya.

Untuk seluruh panitia, diharapkan juga dapat menjalankan tugasnya sesuai ketentuan yang ada. Tidak melakukan kolusi, atau merekayasa proses seleksi.

“Demikian juga untuk pengawas melakukan pengawasan yang tegas kepada para panitia atau pun kepada para peserta seleksi,” pintanya lagi.

Terpisah, Karo SDM Polda Maluku juga meminta kepada para panitia, pengawas maupun peserta seleksi SIP agar dapat mengikuti dan melaksanakan pentahapan dengan sebaik-baiknya.

“Kepada seluruh peserta kami harap sudah mempersiapkan diri, baik kesehatan, pengetahuan, maupun jasmani dan mental. Kami harap dapat memfokuskan diri dalam pelaksanaan pentahapan tes,” pintanya.

Ia mengaku, untuk kuota didik SIP angkatan ke-52 tahun 2023 pada Panda Polda Maluku sebanyak 33 orang. Jumlah ini jauh lebih banyak dari tahun 2022.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *