Puluhan Tahun Warga Talang di SBT Hidup Tanpa Air Bersih

Adventorial News

Bula, CakraNEWS.ID– Dusun Talang Baru adalah salah satu dusun yang terletak di Negeri Kilwaru, Kecamatan Seram Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dimana dusun Talang Baru berada di Pulau Seram Laut yang melimpah akan teriknya matahari. Limpahan ini membuat ladang tumbuh subur, khususnya ladang rempah-rempah.

Namun paparan sinar matahari yang terik dan hampir sepanjang tahun menyebabkan penduduk Talang Baru mengalami kekeringan. Masyarakat sekitar mereka harus meminum air hujan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bagi mereka, hujan tidak hanya menjadi anugerah, tetapi juga berkah. Sebab, hanya dengan memanfaatkan air hujan, mereka dapat mengonsumsi air tawar.

Tak heran, banyak penduduk Talang Baru yang membuat penampungan air hujan di sekitar rumah sebagai bekal persediaan air untuk keperluan sehari-hari.

Melihat kondisi itu, Babinsa Seram Laut Kaptu Indarto meminta kepada pemerintah daerah untuk membantu warga setempat agar memperhatikan kebutuhan yang di rasakan warga.

“Kami juga tidak diam dalam persoalan ini karena bagian dari tanggung jawab bersama sehingga berupaya melakukan penggalian air bersih di Dusun Talang Baru yang sudah sekian tahun kesulitan air bersih,” kata Indarto kepada media ini melalui WhatsApp pribadinya, Kamis (30/05/2024).

Kehidupan sehari-hari kata Indarto mengandalkan air hujan apabila musim kemarau panjang meraka setiap hari mencari air sejauh 2 kilometer kadang untuk mendapatkan pasokan air bersih harus menyebrang ke Pulau Geser.

Namun kini warga bisa bernafas lega. Lewat program TNI AD manunggal air bersih sudah bisa di nikmati warga yang berdomisili di Dusun Talang Baru.

“Dengan kondisi ini makanya saya sama Bhabinkamtibmas berusah mencari sumber air Alhamdulillah sudah kita kerjakan secara swadaya dan mencari donanasi dengan cara menjual kue,” terangnya.

Untuk diketahui, saat ini masyarakat setempat sudah bisa merasakan air bersih yang diresmikan secara langsung oleh Kapolsek Seram Timur dan Danramil Geser.

Pada kesempatan tersebut Indarto juga menyampaikan program air bersih ini merupakan pesan dan perintah Panglima TNI. Hal ini untuk membantu masyarakat.

“Kesulitan rakyat harus dicarikan solusi karena TNI dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan di wilayah Seram Laut masih terdapat 4 dusun yang kesulitan air bersih sekarang dan sampai saat ini masih dalam proses pengerjaan seperti di Dusun Wawasa, dan Dusun Karang.

Kami meminta kepada pemerintah baik pusat maupun daerah agar bisa membantu masyarakat sekitar soal pasokan air bersih yang saat ini menjadi kendala besar bagi warga setempat.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *