Rakornis Lintas Sektoral Ops Lilin Siwalima, Kapolres SBB Himbau Masyarakat Jaga Situasi Kamtibmas

Militer Polri

SBB,CakraNEWS.ID- Kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Siwalima 2019 pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, dilakukan Polres Seram Bagian Barat (SBB) dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakornis) lintas sektoral bertempat di Aula Bayangkara Polres, Senin (16/12/2019).

“Rakornis lintas sektoral Operasi Lilin Seligi 2019, adalah dalam rangka menyamakan presepsi antara Polres SBB bersama  Pemerintah Kabupaten SBB, dalam mendukung pelaksanaan pengamanan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 1 januari 2020. Olehnya diharapkan sarana komunikasi dan koordinasi situasi Kamtibmas yang ada di lingkungan masyarakat Kabupaten menjelang Natal dan Tahun Baru tetap terjaga dalam situasi aman dan kondusif,”pinta Kapolres SBB AKBP Bayu Tarida Butar Butar S.I.K, dalam sambutannya.

Perwira dua melati itu juga menghimbau kepada Pemkab SBB dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten SBB, untuk terus melakukan pengecekan dan pemantau terhadap kenaikan harga sembako yang di jual para pedagang kepada masyarakat. Selian itu juga kepada pihak ASDP untuk dapat mengawasi jalur pelayanan transportasi kepada masyarakat jelang mudik Natal dan Tahun Baru.

“ Diharapkan dari Kadis Disperindag Kabupaten SBB agar dapat mengecek 9 bahan pokok kebutuhan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru. Selain itu juga kepada pihak ASDP agar dapat memperhatikan pelayanan transportasi laut/kapal Feri,”tutur Butar-Butar.

Ia mengatakan,guna untuk menciptakan situasi Kamtibmas pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, jajaran Polres SBB akan melakukan razia dan penempatan Pos Pengamanan di sejumalh titik di Kabupaten SBB. Selain itu pula Polres SBB akan melakukan penyekatan di 4 titik pengamanan pada pelaksanaan malam perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Polres juga akan melakukan Razia, dan Pos Pam pada 4 titik penyekatan pada saat Malam Natal dan Tahun Baru yaitu, di Desa Piru, Kamal, Jembatan Waihatu dan Jembatan Wimital. Polres SBB juga mengharapkan dukungan dari semua Intansi terkait guna sama sama melaksanakan pengamanan dan pelayanan kepada Masyarakat. Kekuatan personil Polres SBB jelang pengamanan Natal dan Tahun Baru sebanyak 110 personil. Diharapkan juga para Kapolsek jajaran untuk lebih perdayakan Anggotanya guna antisipasi gangguan Kamtibmas,”.

Ditempat yang sama Wakil Bupati SBB, Timatius Akerina dalam arahan singkatnya mengatakan, kesiapan Pemkab SBB menjelang Natal dan Tahun Baru, berkaitan dengan penerangan dan angkutan serta ketersediaan bahan pangan, terkait persoalan yang ada Kadis Disperindak dapat mengecek di lapangan kendala yang dihadapi.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Harga Sembako, Polres SBB Bersama Pemkab Sidak Di Dua Pasar

“Kami juga telah melakukan Koordinasi terkait armada angkutan umum dalam hal ini puhak ASDP guna mengantisipasi membludaknya arus penumpang yang akan melakukan penyeberangan baik dari Ambon menuju seram maupun sebaliknya,”

Akerina mengatakan, untuk mengantisipasi kelangkaan Bahan Bakar Minyak, pada pelasanaan Perayaan Natal dan Tahun Baru, pihak Pemkab SBB telah melakukan koordinasi dengan Disperindag  Kabupaten SBB, untuk dapat menyimpan ketersediaa stok di gudang. mengantisipasi kekalangkaan BBM menjelang Natal dan Tahun Baru nanti.

“ Untuk BBM jenis Solar bahwa banyak kendaraan truck masih melakukan pengisian di pompa pertamina ini harus ditertibkan.  Disi lain berkaitan dengan harga sembako terutama telur ayam , disetiap jelang hari besar keagamaan selalu melonjak tinggi ini menjadi perhatian kita untuk segera menindak lanjuti. Untuk PLN agar usahakan pada saat Natal dan Tahun Baru tidak ada pemadaman Listrik dan kepada tenaga kesehatan agar segera mengisi Pos pelayanan yang telah disediakan oleh Polres agar bersama sama melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Kami juga mengantisipasi masuknya paham radikalisme dan menyebarnya berita hoxs,”tutur Akerina. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *