Redam Konflik Di Pulau Haruku, Dankorbrimob Ganjar Penghargaan Untuk Dansatbrimob Maluku

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol Drs. Anang Revandoko, M.I.Kom memberikan penghargaan kepada Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Guntur, S.I.K, M.H atas keberhasilannya dalam meredam konflik antar masyarakat di Pulau Haruku, Maluku. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan dalam menjaga ideologi Pancasila yang menjadi dasar Negara Indonesia di wilayah hukum Polda Maluku.

Pemberian penghargaan ini bertempat di Lapangan Letkol Christian Lambert Tahapary, Markas Komando Satuan Brimob Polda Maluku, Ambon, Maluku. Penghargaan ini merupakan arahan langsung Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

“Pada momentum ini, Saya selaku Dankorbrimob Polri memberikan penghargaan kepada Dansatbrimob Polda Maluku dan Satuan Brimob Polda Maluku atas keberhasilannya, kesetiaannya dan keikhlasannya dalam menghadirkan negara, menjaga keutuhan NKRI dan melindungi setiap warganya dari gangguan keamanan,” ujar Irjen Anang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/2/2022).

Irjen Anang menegaskan perjuangan Nusantara dengan berbagai keberagaman corak budaya, bahaya, suku dan agama adalah sebuah kekuatan yang disatukan oleh cita-cita luhur menjadi bangsa yang besar dan berdaulat. Sejarah mencatat bahwa Tanah Maluku adalah tanah pusaka yang kaya dengan nilai-nilai perjuangan dari sosok pejuang-pejuang besar.

Menurutnya, keberanian para Bhayangkara Brimob Polda Maluku titisan dari Kapitan Patimura yang bersumpah bahwa di Tanah Maluku akan lahir Patimura-Patimura muda yang berani dan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan melalui ideologi Pancasila. Pesan ini mampu diwujudkan dalam jiwa personel Satuan Brimob Polda Maluku yang berhasil meredam konflik antar masyarakat di Pulau Haruku, Maluku.

“Sumpah itu betul-betul terwujudkan dalam diri setiap pemuda dan pemudi terbaik Maluku, termasuk para Bhayangkara Brimob sejati Maluku,” jelasnya.

Irjen Anang juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah daerah dibawah pimpinan Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail dan forkopimda yang mendukung penugasan Korps Brimob Polri di wilayah tersebut. Seperti diketahui, Gubernur Maluku Murad Ismail merupakan Komandan Korps Brimob Polri ke-27.

“Kami percaya kesetiaan Bapak (Murad Ismail) kepada Korps Brimob Polri tidak akan lekang oleh waktu,” tegas Irjen Anang.

Tak lupa juga, Irjen Anang mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif yang memberikan dukungan kepada Satuan Brimob Polda Maluku dalam menangani konflik tersebut.

“Saya selaku Dankorbrimob menjamin bahwa Satuan Brimob Polda Maluku akan menjadi kekuatan yang selalu siap dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Tanah Maluku,” kata Irjen Anang.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Guntur menambahkan gerak cepat yang dilakukan Satuan Brimob Polda Maluku bisa menimbulkan efek yang lebih besar jika tidak segera diatasi. Bahkan, lanjutnya, konflik antar masyarakat ini dapat menyebabkan konflik SARA di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah Satuan Brimob Polda Maluku bergerak cepat untuk meredam dan menjaga aset-aset yang masih tersisa, sehingga kita dapat mencegah konflik tersebut agar tidak meluas,” jelasnya.

Guntur mengapresiasi pemberian penghargaan dari Dankorbrimob Polri yang telah memberikan arahan langsung kepada personel Satuan Brimob Polda Maluku dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polda Maluku. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan De Fretes dan Kepala BIN Daerah Maluku Brigjen TNI Jimmy Aritonang. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.