Sambut BIAN, Dinkes SBT Gandeng Puskesmas Bula Gencar Sosialisasi Di Sekolah

Pemerintahan

SBT,CakraNEWS.ID-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan Puskesmas Bula melakukan sosialisasi imunisasi anak, disamping menyambut Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) secara masif.

Kegiatan sosialisasi tersebut tim kesehatan Dinkes Kabupaten SBT di bagikan dalam dua tim yakni di SD Negeri 8 Bula dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Bula, Rabu (31/8/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, Orang Tua Wali Murid, Tim Kesehatan Dinkes Kabupaten SBT, Pihak Puskesmas Bula.

Kegiatan sosialisasi yang di gelar di SD Negeri 8 Bula di wakili oleh Kepala Seksi P2P Dinkes Kabupaten SBT La Ludin. Sementara di MAN 3 Bula diwakili oleh Seksi Surveilans dan Imunisasi Bidang P2P Dinkes SBT Foni Rumakey dibantu oleh tim kesehatan Dinkes SBT dan Puskesmas Bula.

Mengawali sosialisasi, tim Dinkes Kabupaten SBT dan Puskesmas Bula bersama kedua sekolah setempat berkolaborasi guna mensukseskan program tersebut. Sinergi Puskesmas Bula dan Dinkes Kabupaten SBT tersebut ditunjukkan dengan menggandeng sejumlah sekolah di Kota Bula untuk ikut terlibat.

Sosialisasi yang di gelar di SD Negeri 8 Bula dengan menghadirkan narasumber dari Dinkes SBT yakni Kepala Seksi P2P Dinkes Kabupaten SBT La Ludin di dampingi tim kesehatan dan Puskesmas Bula sedangkan di MAN 3 Bula, Foni Rumakey, Seksi Surveilans dan Imunisasi Bidang P2P Dinkes SBT sebagai narasumber didampingi tim kesehatan Dinkes SBT dan Puskesmas Bula.

Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis melalui Kepala Seksi P2P Dinkes Kabupaten SBT La Ludin dalam pemaparanya menyampaikan, imunisasi menjadi hal yang sangat dasar imunitas bagi anak-anak maupun sasaran yang lainnya. Sehingga imunisasi dasar lengkap menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam memberikan pelayanan imunisasi pada anak.

“Dan ini adalah cara kita untuk menurunkan kasus dan rantai penularan penyakit dengan upaya pencegahan dengan imunisasi,” kata La Ludin.

Ditempat yang terpisah Foni Rumakey, Seksi Surveilans dan Imunisasi Bidang P2P Dinkes SBT mengharapkan, semoga kondisi di Kabupaten SBT secara capaian imunisasi dasar lengkap pada anak anak kita bisa tercapai dengan baik, dan pencapain harapannya adalah bagaimana pencapaian herd immunity di masing-masing willayah yang ada di Kabupaten SBT.

“BIAN ini dilakukan sehingga tidak ada wilayah kita yang menjadi wilayah yang rawan dan menularkan penyakit karena ada kantong-kantong kerawanan terhadap penyakit,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten SBT Samun Rumakabis saat dikonfirmasi media ini melalui telepon selulernya menyampaikan, Pihaknya saat ini telah mendorong puskesmas dan kelurahan melalui kader untuk bisa memberikan motivasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Mereka adalah motor penggeraknya, karena BIAN ini dilaksanakan di posyandu, sehingga para kader harus lebih menggerakkan ibu balita untuk mengikuti BIAN,” imbuhnya. *CNI-08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *