Sambut Hari Juang TNI AD, Satgas 734/SNS Gelar Bhakti Sosial Di Dua Kecamatan di Halmahera Utara

Militer TNI

Tobele,CakraNEWS.ID- Semarak menyambut peringatan hari juang TNI AD yang diperingati pada tanggal 15 Desember 2019, dilakukan oleh  Satgas Pamrahwan 734/Satria Nusa Samudera (SNS) dengan mengadakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Bhakti sosial berupa khitanan dan pengobatan masal serta Donor darah, dengan melibatkan tim kesehatan satgas 734/SNS Pos kotis yang terdiri atas Danton Kes, Letda Ckm Fendy Aprilian P, dokter Batalyon Letda Ckm dr. Rizky Zulkarnain Ratoputra dan Tamtama Kkesehatan Pratu Yanto Wamnebo, Pratu Joko Santoso dan Pratu Ledi Prayoga serta Pratu Suardi.

Kegiatan Pengobatan massal dan khitanan massal yang diadakan di pos kotis Kota Tobelo Kabupaten Halmahera Utara yang di ikuti oleh berjumlah 100 anak peserta khitanan masal dan pengobatan massal 100 orang. Pada siang hari nya kami mengadakan donor darah di desa Kupa Kupa kecamatan Tobelo Selatan Kabupaten Halmahera Utara sebanyak 50 kantong darah yang terdiri atas TNI Polri dan instansi dari dinas kesehatan, dinas perdagangan, dinas kehutanan serta kami berkerjasama dengam UTD PMI RSUD kota Tobelo Sabtu (7/12/2019).

Menurut Danton Kes 734, Letda Ckm Fendy Aprilian, kegiatan ini merupakan bentuk kemanunggalan tni dengan rakyat dalam rangka menyambut hari juang TNI AD yang terdiri atas khitanan dan pengobatan massal serta donor darah.

“Kami berkoordinasi dengan pihak dinas kesehatan Halmahera utara, Puskesmas Tobelo dan UTD PMI RSUD kota Tobelo,”tutur Fendi Aprilian.

Aprilian mengatan, kegiatan khitanan masal dilaksanakan di pos Kotis Satgas 734/SNS, melibatkan 3 orang operator medis yang terdiri atas Danton kes Letda Ckm Fendy Aprilian, S.T.Rad, dokter batalyon, Tamtama kesehatan Pratu Suardi, Amd. Kep. serta di bantu oleh tim kesehatan dari puskesmas tobelo. Secara bersamaan kami juga mengadakan pengobatan massal di pos kotis satgas 734/SNS oleh Letda CKM dr. Rizky Zulkarnain, bersama Tamtama Kesehatan, Pratu yanto Wamnebo, Amd.Kep, Praka Ledi Prayoga, Amd. Kep, dan Pratu Joko Santoso. selama kegiatan tersebut Provost Satgas 734/SNS, Sertu Ahmad mengamankan kegiatan sunatan dan pengobatan massal serta donor darah.

Menurut Dansatgas Yonif 734 / SNS, Letkol Inf Edwin Charles, kegiatan Khitanan dan pengobatan massal serta donor darah dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD kami memerintahkan tim kesehatan pos kotis untuk mengadakan berbagai kegiatan bakti sosial tersebut di pos Kotis Satgas 734/SNS Sesa Gosoma Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara.

“Adapun kegiatan donor darah kami lakukan di di desa Kupa-Kupa Kecamatan Tobelo Selatan Kabupaten Halmahera Utara. kegiatan khitanan ini pun sungguh meriah dan ramai di padati oleh anak-anak usia sekolah dasar. Adapun pengobatan massal terdiri dari berbagai usia mereka memadati pos kotis 734 adapun jumlah peserta kami 200 yang terdiri atas 100 pengobatan massal dan 100 orang khitanan massal serta kantong darah yang berhasil kami kumpulkan pmi sebanyak 50 kantong darah,” kata Dansatgas.

“Ini merupakan bentuk bakti sosial yang kami selenggarakan secara gratis tanpa di pungut biaya bagi peserta khitan maupun pengobatan massal serta donor darah di tobelo kabupaten halmahera utara. karena kami melayani dengan tulus dan ikhlas tanpa rasa pamrih untuk di balas. Peserta dilayani oleh tim kesehatan kotis satgas 734/SNS dengan menggunakan couter/Laser,”Tambahnya.

Dikatannya, dengan metode khitan yang menggunakan couter atau laser ini dapat memberikan kenyamanan untuk anak anak dan memiliki proses penyembuhan yang cepat di bandingkan dengan metode konvensional yaitu dengan menggunakan gunting.

Menurut Dokter satgas 734/SNS, Letda Ckm dr. Rizky, proses circumsisi pada dasarnya hanya membuang kulup yang menutupi glans penis (Kepala Penis). Hal ini bermanfaat sekali bagi kesehatan reproduksi pria yaitu dengan mencegah adanya ISK (Infeksi Saluran Kemih) dan mencegah transmisi HIV/AIDS dari Wanita ke pria. Sehingga anak usia dini dapat terjaga organ reproduksinya.

Pada khitan pada usia dini jauh lebih baik hasilnya dari pada mereka yang menginjak usia remaja atau dewasa baru khitan karena proses penyembuhannya jauh lebih cepat pada usia anak anak daripada usia dewasa serta pemotongan glans penisnya lebih cepat anak-anak dari pada mereka yang remaja bahkan dewasa.

Dilain sisi kami menyarankan bagi warga yang sehat untuk melaksanakan secara rutin donor darah 3 bulan sekali, karena dengan donor darah kita dapat mengetahui status kesehatan kita, karena dengan donor darah kita dapat mengetahui adanya penyakit HIV/Aids, Sifilis, Hepatitis b, hepatitis C. jadi kami membantu warga secara ikhlas dan gratis bagi warga kota tobelo kabupaten halmahera utara.

“Kami sebagai warga kota Tobelo mengucapkan terima kasih kepada satgas 734/SNS yang sudah mengadakan khitanan massal serta pengobatan massal secara gratis di Tobelo tercinta ini. Kami berharap kebaikan dari satgas 734/SNS dapat di balas oleh Allah SWT,” kata Ibu Ratih salah satu warga.

Wawan salah satu warga juga mengatakan, mereka merasa senang dengan adanya kegiatan donor Darah di Tobelo Selatan ini membuat kami beserta masyarakat lainnya menjadi tenang karena kami mengetahui adanya penyakit tersebut atau tidak serta kami mendapatkan bingkisan yang menarik dari Satgas 734/SNS dengan mengikuti kegiatan donor darah tersebut. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *