Survei Markaplus:Pelayanan Publik Polri Raih Peringkat Terbaik Di Masyarakat

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Polri kembali mendapat peringkat terbaik pelayanan publik dari masyarakat Indonesia. Penilaian kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh Polri tersebut, diukur dari kinerja, kultur, media, dan isu terkini. Penilain tersebut berdasarkan studi penelitian berdasarkan Survei Markaplus. Dalam survei Markaplus, melibatkan 29.250 responden acak, selama bulan September-November 2018, yang berada di wilayah hukum 34 Polda dan 461 Polres.

Sebagian besar, Polda dan Polres sudah memperoleh nilai kepuasan maupun kepercayaan di atas rata-rata nasional. Namun, Founder dan Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya mengatakan hasil tersebut masih dapat ditingkatkan.

“Terdapat 110 Polres dan 1 Polda yang indeks kepuasannya di atas 90 persen dan itu mayoritas di luar Pulau jawa. Untuk indeks kepercayaan, ada 191 Polres dan 6 Polda yang di atas 90 persen, itu juga mayoritas di luar Pulau Jawa,” ujar Chairman Markplus, Hermawan Kertajaya di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Secara keseluruhan, indeks kepuasan terhadap Institusi Kepolisian sebesar 74,46 persen dan nilai indeks kepercayaan sebesar 80,37 persen. Survei tersebut membagi dimensi kultur ke dalam dua aspek, yaitu continuous dan discrete culture.

Untuk aspek Continous Culture, lebih dilihat pada peningkatan kedisiplinan mengikuti prosedur dan memadukan ketegasan dan keramahan saat bertugas. Sementara itu, perbaikan pada discrete culture meliputi pencegahan dan pemberantasan korupsi serta melakukan pendekatan humanis dalam menyelesaikan kasus. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *