Syukuran Wisudawan IAIN Ambon Unik Ditengah PPKM Kota Ambon “Rakyat Bantu Rakyat”

Pendidikan

Bagikan Nasi Bungkus, Syukuran Wisudawan IAIN Ambon Unik “Bertajub Rakyat Bantu Rakyat”

Ambon, CakraNEWS.ID– Hari wisuda selalu terasa spesial bagi siapa pun yang sedang menjalani atau menantinya. Di hari yang spesial itu, bermacam cara dilakukan untuk menuangkan rasa syukur atas pencapaiannya yang telah diperoleh.

Khusus seorang wisudawan, biasanya menggelar syukuran berupa makan bersama di kediaman. Tidak sedikit pula yang membuat pesta untuk merayakannya. Kebiasaan ini di Provinsi Maluku nyaris menjadi budaya. Namun berbeda dengan Mohamad Tete Sairun salah satu peserta wisuda asal fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon ini.

Dirinya tergerak menuangkan kebahagiaannya dengan melakukan aksi sosial berbagi makan siap saji (nasi bungkus). Aksi ini menurut Sairun mengingat kondisional saat ini di Maluku. Yang mana, pandemic covid-19 dua tahun terakhir dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di kota Ambon mempengaruhi stabilitas ekonomi masyarakat.

Sairun memilih turun jalan dibanding hanyut dalam euforia atas keberhasilan meraih gelar Sarjana hari ini, Kamis (05/08/2021). Bersama komunitas MalukuPeduli, dirinya membagikan makan siap saji kepada pedagang kaki lima hingga tukang becak di Pasar Mardika kota Ambon. Pantauan media ini, Sairun berjubah lengkap toga memegang properti bertuliskan “Rakyat Bantu Rakyat” di selembar karto Nmanila berwarna putih.

“Saya memilih merayakan hari bahagia ini dengan berbagi melalui komunitas, MalukuPeduli. Kita tahu sendiri. Dampak Covid-19 dan program PPKM Pemerintah. Masyarakat kesulitan. Saya dan teman teman dalam momentum bahagia ini turun jalan membantu meringankan beban bapak ibu pejuang nafkah di lokasi pasar Mardika,” singkat kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) itu.

Atas gerakan sosialnya tersebut, Dewan Mahasiswa (Dema) IAIN Ambon melalui ketua Pelaksana Harian, Fahmi Fatsey mengapresiasi serta menyatakan kebanggaanya.

“Atas nama seluruh mahasiswa IAIN tentu kami bangga. Dimana Senior menunjukan sikap darma baktinya melalui gerakan itu. Ini sangat menginspirasi,” akuinya.

Dikatakan, sepatutnya selaku masyarakat intelektual, tugas kita adalah memperjuangkan satu kemungkinan terbaik.

“Kami yang tengah berjuang di Kampus Cerdas Berbudi memandang aksi itu merupakan pilihan terbaik yang diambil,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, INSTITUT Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar wisuda semester genap angkatan ke XXI tahun 2021 secara virtual, Kamis (05/08/2021). Meski dengan keterbatasan akibat Pandemic covid-19, kampus dengan julukan Cerdas dan Berbudi itu, mewisudakan 732 wisudawan.

732 wisudawan terdiri atas Pascasarjana sebanyak 70 wisudawan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 289, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah 164, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam 209. (CNI-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *