Taman Baca di Negeri Iha-Kulur Kabupaten SBB, Wadah Persiapkan Generasi Emas

Pemerintahan

Ambon, CakraNews.ID- Wakil Bupati kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Timotius Akerina meresmikan gedung Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Inspirasi Iha Ulupia, Rabu (7/8/2019).

Peresmian wadah mengasah skill pelajar negeri Iha-Kulur tersebut Mengsung tema sentral, “Ciptakan 1001 Karya, Menumbuhkan Semangat Berliterasi ”.

Mengawali sambutannya, wakil bupati kabupaten SBB menegaskan, kehadirannya dalam meresmikan gedung taman baca itu merupakan keterpanggilan sebagai bagian dari anak adat.

“Kehadiran saya selain saya seorang Wakil Bupati , saya adalah bagian dari negeri ini sebagai gadong,” ungkap akerina.

Kesempatan itu, Akerina menyampaikan apresiasi serta dorongan kepada pemuda-pemudi negeri Iha-Kulur dalam merumuskan wadah untuk membina generasi.

“Ini merupakan langkah cerdas untuk membentuk generasi emas di negeri Iha-Ulupia. Tentunya langkah ini kami wajib memberikan apresiasi kepada para penggagas dan pengurus atas ide brilian ini,” papar Akerina.

Akerina menghimbau, masyarakat di negeri Iha-Kulur dapat memanfaatkan wadah taman baca yang telah disiapkan agar kedepannya, generasi emas melimpah ruah di dalam negeri beradat tersebut.

Dirinya pun mengingatkan kepada pemerintah negeri Iha maupun Kulur untuk terus mengawal Rumah Inspirasi melalui sinergitas program yang kedepannya akan dicetus.

Menutup sambutannya, wakil Bupati mengucapkan selamat atas pencapaian para pemuda di negeri tersebut. Dia pung mengingatkan ini baru langkah awal. Pemerintah kabupaten SBBB terutama masyarakat menunggu karya terbaik lainnya.

Sementara Direktur Rumah Inspirasi Iha-Ulupia, Muhammad Fahrul Kaisuku menjelaskan Rumah Inspirasi merupakan wadah dalam menyediakan bahan pustaka untuk masyarakat terutama anak-anak didik di negeri Iha-Ulupia.

“Sebagai tempat penyelenggaran pembinaan kemampun skill melalui literasi dan pemberdayaan-pemberdayaan lainnya yang berkaitan,” papar Kaisuku yang juga diketahui Pimred Media Online Kabarterkini. news.

Kaisuku merincikan, Rumah Inspirasi berupaya meningkatkan minat serta kecintaan masyarakat terutama pelajar kepada buku bacaan.  Selanjutnya untuk memperkaya pengalaman belajar dan pengetahuan, menumbuhakan kegiatan belajar yang rutin.

“Menambah wawasan tentang tentang perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Terakhir genjot pemberdayaan sebagai implementasi bacaan,” tegas Kaisuku dalam sambutan singkatnya.

Menutup keteranganya, Kaisuku mewakili segenap pengurus Rumah Inspirasi menyampaikan terimaksih kepada pemerintah negeri Iha dan Kulur atas bantuan pendirian bangunan yang berukuran 5×6 meter tersebut.

Mantan Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Lintas IAIN Ambon itu juga menyampaikan ungkapan terimaksih kepada Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis, H. HAMBRA SAMAL serta patner Yayasan BUMN Peduli Negeri melalui ketua, Hardjawan Balaningrat atas bantuan dan perhatian mereka sehingga peresmian Rumah Inspirasi berlangsung sukses.

“Kepada semua pihak yang telah membantu. Maaf jika tak sempat kami sebut satu persatu. Kepercayaan basudara samua akan kami rawat melalui kekaryaan yang nyata,” pungkasnya.

Pantuan media ini, peresmian dihadiri pemerintah kabupaten SBB dalam hal ini, Wakil Bupati SBB, Raja Negeri Iha yang diwakili saniri Negeri, Haji Sad Kaisupy, Raja Negeri Kulur yang diwakili Sekretaris Abd. Rahim Samal, Kapolsek Huamual Ipda. Elnath S Wafiq Gemilang.

Hadir pula tokoh pendidik, Ramli Pikahulan, Anggota Dewan Terpilih Djosen Kaisupy, Babinsa Iha-Kulur Serma Dulhamid Putuhena.** (CNI-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *