Tutup MTQ  Kota Ambon, Syarif : Wadah Edukasi Kesadaran Beragama, Humanis dan Terbuka

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID— PENYELENGGARAAN Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) tingkat kota Ambon resmi ditutup oleh Wakil Walikota Ambon,  Syarif Hadler pada Kamis (16/012) malam.

Penutupan event menjemput MTQ tingkat kota Ambon itu digelar di Islamic Center, Waihaong kota Ambon.

Dalam sambutannya, Sayrif mengingatkan, AlQuran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa yang sejalan dengan fitrah manusia yang adil.

“Alquran mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan dalam menjalankan Alquran umat Islam patut meneladani pribadi nabi Muhammad shallallahu alaihi Wa sallam,” ungkapnya.

Kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Alquran menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesame.

“Pelaksaan MTQ adalah jalan untuk mengedukasi umat Islam untuk semakin mencintai dan membumikan Alquran. Meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka. Juga yang paling penting sebagai bentuk dakwa untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah,” papar Syarif.

Dikatakan, dengan pemahaman keislaman yang semakin baik bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah tetapi juga akan memperkokoh semangat ukhuwah, baik ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah maupun ukhuwah insaniyah.

“Kita harus saling iklas saling membantu tanpa harus melihat perbedaan suku agama maupun kelompok dan berbagai bentuk meringankan beban saudara-saudara yang sedang menghadapi kesulitan,” jelasnya.

Kesempatan  itu, Syarif mewakili  pemerintah kota Ambon menyampaikan apresiasi dan terimakasih  kepada LPTQ kota Ambon yang telah berkontribusi untuk mewujudkan visi menjadikan Ambon yang harmonis Ambon yang sejahtera dan Ambon yang religious.

Diharapkan, LPTQ Kota Ambon akan terus mengarang program kegiatan dalam mendukung pembangunan manusia kota Ambon menuju masyarakat yang berakhlak karimah melalui pedoman dan penghayatan serta pengamalan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari kita

“Untuk itu saya memberikan apresiasi kepada LPTQ kota Ambon atas terselenggaranya kegiatan MTQ tingkat kota Ambon ini Hingga selesai yang hasilnya baru saja kita dengarkan tadi,” sebutnya.

Kepada para pemenang, lanjut Syarif, teruslah berlatih dan mempersiapkan diri saudara-saudara dalam naungan pembinaan dan pelatihan LPTQ kota Ambon, untuk menjadi wakil atau duta kota Ambon yang akan berkompetisi dalam ajang MTQ ke-29 tingkat provinsi Maluku tahun 2022 mendatang yang akan dilaksanakan di kabupaten kepulauan Tanimbar.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada dewan hakim yang telah melaksanakan tugasnya dan memberikan penilaian dengan mengedepankan profesionalitas dengan sebaik-baiknya sejujur-jujurnya serta seadil-adilnya bagi  para peserta MTQ ke-29 tingkat kota Ambon,” ungkapnya.

Dirinya menyapa peserta yang belum berkesempatan menjadi wakil kota Ambon dalam MTQ tingkat Provinsi di tahun 2002 mendatang, diharapkan tetap menjaga suasana keakraban dan persaudaraan untuk meningkatkan tali silaturahmi di antara sesama .

“Semalam pak walikota bilang seluruh peserta niatkan untuk ibadah jika tidak mendapatkan juara paling tidak mendapatkan pahala bagi yang melantunkan Alquran maupun kita yang mendengarkannya,” kuncinya.***CNI-05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.