Waka Polda Maluku, Pimpin Perayaan HUT Brimob Polri Ke-74

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Waka Polda Maluku, Brigjen Pol Teguh Sarwono, selaku Inspektur Upacara (Irup), memimpin Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brigade Mobile (Korps Brimob) Polri ke-74, yang dilakukan oleh Satbrimob Polda Maluku, Kamis (14/11/2019).

“Dengan rasa bangga saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-74 korps Brimob Polri kepada 41.170 Personel Brimob dimanapun berada semoga Brimob Polri semakin profesional, unggul dan senantiasa menjadi kebanggaan masyarakat, bangsa, dan negara, dalam momentum yang penuh dengan kehormatan ini,”tutur Kapolri, Jenderal Polisi Idam Aziz dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Waka Polda Maluku.

Kapolri juga mengucapkan bela sungkawa atas gugurnya personel Brimob dalam berbagai penugasan menjaga NKRI. Teriring doa semoga Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa memberikan balasan atas seluruh pengorbanan, perjuangan, dan pengabdian serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Korps Brimob Polri lahir, tumbuh, dan berkembang, tidak terlepas dari sejarah panjang Kepolisian Negara Republik Indonesia maupun sejarah bangsa ini. Sejak dari zaman pra kemerdekaan sampai dengan pasca reformasi saat ini, Brimob senantiasa menjadi pasukan yang paling loyal dan dapat diandalkan oleh Polri dalam menghadapi gangguan ancaman dan kamdagri yang berintensitas tinggi, melalui berbagai penugasan.

Brimob Polri telah menunjukan eksistensinya, antara lain: keberhasilan dalam mendukung pengamanan Pilpres dan Pileg serentak tahun 2019, penanggulangan aksi-aksi terorisme, pengamanan operasi ketupat 2019, aksi unjuk rasa di bawaslu pada mei 2019, unjuk rasa terkait isu papua, dan unjuk rasa penolakan berbagai UU dengan jumlah massa sangat besar beberapa bulan terakhir ini.

“Saya juga mengapresiasi peran aktif Brimob bergerak cepat dalam membantu penanganan dampak bencana tsunami di banten dan lampung, penanggulangan konflik sosial di papua dan papua barat. Serta mendukung penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata di papua sehingga stabilitas keamanan dalam negeri dapat senantiasa terkendali. Tidak lupa saya ucapkan selamat atas torehan prestasi para personel Korps Brimob Polri diberbagai event olahraga, khususnya kejuaraan sepak bola, sepak takraw, menembak dan penugasan lain diluar negeri,”ucap Kapolri.

Kapolri mengungkapkan, dikesibukan tantangan dinamika tugas, kiprah dan dan prestasi setiap personel Brimob Polri telah menjadi bagian dari catatan sejarah institusi, dengan semboyan “ Jiwa Bangsa, Dan Negara Ragaku Demi Kemanusiaan”, Korps Brimob Polri telah berhasil menunjukkan pengabdian yang tulus sebagai bhayangkara sejati yang tidak pernah ragu dalam menjaga keamanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kebijakan implementasi dari program terakhir, promoter selama 3 tahun telah signifikan yang hasilnya menunjukan kepercayaan masyarakat meningkatnya terhadap polri. Oleh sebab itu, dalam masa kepemimpinan saya, program ini akan terus dilanjutkan. Keberlanjutan program tersebut akan saya perkuat melalui tujuh program prioritas, yaitu mewujudkan SDM yang unggul, pemantapan harkamtibmas, penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, penguatan sinergi Polisional, penataan kelembagaan, penguatan pengawasan,” tutur Kapolri.

“Saya yakin dengan ridho Allah SWT dan didukung komitmen yang kuat dari kita semua, maka pelaksanaan ketujuh program prioritas tersebut dapat berjalan dengan baik, yang pada akhirnya mampu mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan indonesia yang aman, tertib, dan maju,”tambah Kapolri.

Mengakhiri sambutan, Kapolri memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan, yaitu:

  1. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.
  2. Jaga kehormatan pribadi, kesatuan, dan institusi Polri, dengan menghindarkan diri dari berbagai pelanggaran yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.
  3. Tingkatkan soliditas dan sinergisitas dengan personel TNI di semua tingkat, kembangkan kerja sama dan kolaborasi dengan seluruh elemen bangsa, pemangku kepentingan dan masyarakat, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Terus belajar dan berlatih guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.
  5. Terus pelihara kesiapsiagaan personel, sarana dan prasarana pendukung serta persiapkan rencana dengan optimal dalam setiap tugas yang diberikan.

HUT ke-74 Korps Brimob Polri yang dilaksanakan di Mako Brimob Polda Maluku Tantui Ambon, dihadiri oleh Danlanud Pattimura Ambon, Wadan Lantamal IX Ambon, PLT Sekda Provisi Maluku, Kepala Basarnas Provinsi Maluku, PJU TNI AD, AU, AL, PJU Polda Maluku dan Purnawirawan Brimob. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *