Apresiasi Program Jumat Curhat Kapolri, Kompolnas : Penyederhanaan Transformasi Polri Yang PRESISI

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Perintah Kapolri, Jenderal Polisi,Listyo Sigit Prabowo kepada jajaran Polri di seluruh Indonesia,dalam melaksanakan “Jumat Curhat”, mendapat apresiasi dan respon positif dari Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS).

“Bagus dan sangat bagus. Apa yang dimaksud oleh Kapolri kepada jajaran Polri di seluruh Indonesia, untuk melaksanakan Jumat Curhat, yang tentunya merupakan bagian dari upaya menyederhanakan ‘PRESISI’, dalam mengayomi dan melayani masyarakat,”ungkap Anggota Kompolnas, Yusuf Warsin, dalam keterangan kepada wartawan, Senin (9/1/2023).

Menurutnya, peran pimpinan di setiap tingkatan dan setiap satuan kerja seperti di Polri,perlu untuk terus dimassifkan.

“Kompolnas tentu sangat mendukung dan sebagai pengawas eksrternal akan memantau dan sekaligus dapat memberikan masukan konstruktif,”ujarnya.

Yusuf mengatakan, jika pimpinan-piminan sudah langsung turun menerima keluhan masyarakat dengan baik, bisa dikatakan setengah dari keluhan terselesaikan.

“Posisi masyarakat sendiri dalam agenda Transformasi Polri yang Presisi, juga merupakan bagian dari pengawasan dalam transformasi pengawasan. Masyarakat sebagai social control terhadap Polri. Nah ketika setiap Kapolda, Kapolres, dan Kapolsek aktif turun langsung membuka curhatan masyarakat, sesungguhnya fungsi social control berjalan, bahkan secara langsung sampai kepada para pimpinan-pimpinan tersebut. Tentu ini akan semakin memperkuat pengawasan yang transformatif dan Presisi,”pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Anggota Kompolnas, Poengky Indarti dalam keterangannya, mengapresias kebijakan Kapolri  dengan program Jumat Curhat yang di laksanakan oleh jajaran Polri di seuruh Indonesia.

“Kompolnas mengapresiasi dan menyambut baik kebijakan Bapak Kapolri dengan program Jumat Curhat yang humanis dan makin mendekatkan polisi dan masyaraka,”ujar Poengky.

Poengky juga mengisahkan cerita,dirinya yang melihat langsung personil anggota Polri Jakarta Selatan, yang menyambangi para pedangan pasar dengan humanis,mendengarkan curahan hati para pedagang.

“Saat saya sedang membeli pakan kucing di Pasar Burung Jalan Barito Jakarta Selatan, saya melihat para pedagang pasar yang disambangi anggota Polres Jakarta Selatan sangat senang karena curhatnya didengarkan. Para penjual di Pasar Burung Barito berharap omzet mereka sama seperti sebelum direnovasi. Saat ini cukup sepi, mungkin para pelanggan belum tahu jika renovasi sudah rampung. Saya melihat perwakilan pedagang pasar curhat kepada AKP Heru, Kanit Binmas Kebayoran Baru, Ipda Dennis Kaurmin Sat Reskrim Polres Jaksel, dan Aiptu Suratin Bhabinkamtibmas Polsek Kramat Pela. Mereka sangat senang polisi mau hadir dan mendengarkan curhat mereka,”tutur Poengky.

Baca Juga: Kapolri Minta Kapolda-Kapolsek Laksanakan ‘Jumat Curhat’, Selesaikan Masalah Masyarakat Secara Langsung

Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meluncurkan program ‘Jumat Curhat’. Program ini merupakan kegiatan jajaran kepolisian yang terjun langsung menyerap aspirasi hingga menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat.

“Saya minta kepada seluruh pimpinan wilayah dari mulai Polda hingga Polsek untuk melaksanakan kegiatan turun langsung dalam kegiatan, salah satunya ‘Jumat Curhat’,” ucap Kapolri dalam video yang diunggah dalam akun instagramnya, @ListyoSigitPrabowo, seperti dikutip, Jumat (6/12/2023).

Kapolri meminta kepada Kapolda hingga Kapolsek untuk bisa terjun langsung, menyelesaikan setiap masalah dihadapi masyarakat pada saat kegiataan ‘Jumat Curhat’ berlangsung. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *