Bupati MBD Kukuhkan, 72 Anggota Paskibraka HUT Proklamasi RI Ke-74

Pemerintahan

Tiakur,CakraNEWS.ID– Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T, mengukuhkan 72 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), peringat Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74, bertempat di ruangan serbaguna, Kota Tiakur, Kamis (15/8/2019).

72 Anggota Paskibraka ini adalah siswa siswi terbaik SMU perwakilan dari 17 Kecamatan di Kabupaten MBD yang dipilih melalui seleksi, terdiri dari 40 siswa dan 32 siswi.

Upacara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh segenap hadirin, dilanjutkan dengan pengantar pengukuhan calon anggota Paskibraka oleh salah seorang pejabat struktural Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten MBD.

Prosesi upacara pengukuhan 72 anggota Paskibraka Kabupaten MBD, di  awali dengan pengantar pengukuhan calon anggota Paskibraka oleh pejabat Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten MBD,  ditandai dengan pembacaan ikrar oleh salah seorang anggota Paskibraka yang diikuti oleh seluruh anggota paskibaraka, dan seluruh anggota Paskibraka menyatakan kesediaannya dikukuhkan.

Ikrar yang diucapkan, adalah sebagai berikut:

Ikrar Pemuda Indonesia

Aku mengaku putera Indonesia, dan berdasarkan pengakuan ini,

aku mengaku, bahwa aku, adalah mahluk Tuhan Sang Maha Pencipta

dan bersumber padaNya,

Aku mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia,

Aku mengaku, berbangsa satu, Bangsa Indonesia,

Aku mengaku bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia,

yang berlandaskan Pancasila dan satu Undang Undang Dasar 1945,

Aku mengaku bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila,

Aku mengaku kebhinekaan dalam persatuan budaya bangsa,

Aku mengaku sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan dengan lkhlas dalam karyaku, hidupku sehari hari,

Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati ikrarku ini dengan taufik dan hidayahNya

Selanjutnya salah seorang anggota Paskibraka membawa Bendera Merah Putih kepada masing masing anggota Paskibraka yang menyematkan ujung Bendera Merah Putih di dadanya seraya mencium bendera. Secara simbolis dilakukan penyematan atribut anggota Paskibraka oleh Bupati MBD kepada Komandan Paskibraka.

Hadir pada pengukuhan Paskibraka MBD tersebut, Ketua DPRD Kabupaten MBD, Sekda Kabupaten MBD, Pimpinan TNI/Polri, Kajari Kabupaten MBD, Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) beserta pejabat struktural eselon III dan IV yang berkenan hadir. (CNI/Humas Pemkab MBD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *