Dinas Kearsipan SBT Raih Penghargaan Kearsipan “Sangat Baik”

Pemerintahan

Bula,CakraNEWS.ID-Sebuah kebanggaan besar lagi dari Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), yang mampu meraih predikat sangat baik dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Selain itu, Pemda SBT mampu meraih predikat terbaik opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) dalam penyelenggaraan kearsipan.

Penghargaan yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten SBT diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan SBT Sumarno Sagala di Banyuwangi pada 23 Mei 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten SBT Sumarno Sagala kepada media ini Kamis, (07/06/2023) di Bula mengungkapkan, penilaian yang di lakukan oleh ANRI ini menempatkan Kabupaten SBT yang dipimpin bupati Abdul Mukti Keliobas dan wakil bupati Idris Rumalutur tersebut menjadi sangat baik di Provinsi Maluku.

Dikatakan Sagala, Penilaian kearsipan oleh ANRI itu, Kabupaten SBT termasuk kategori yang terbaik di Provinsi Maluku dengan nilai sangat baik atau BB. Penilaian ANRI, kata Sagala terkait arsip daerah itu ada dua kategori yakni penyelenggaraan kearsipan dan pengelolaan kearsipan.

Dikatakan Sagala, Penyelenggaran kearsipan, meliputi kebijakan daerah dalam kearsipan, anggaran, infrastruktur, kebijakan program, Sumber Daya Manusia [SDM] termasuk sarana dan prasarana kearsipan.

“Memang kita di SBT soal arsip ini masih jauh dari harapan, tapi penilaian ini bukan berdasarkan kita mengelola arsip saja, tapi banyak indikator yang dinilai. Mungkin kita di SBT bisa melampaui itu dari 10 kabupaten/kota ples Provinsi Maluku,” tutur Sagala.

Bagi Sagala, sebuah prestasi yang diraih saat ini merupakan sebuah tantangan bagi bumi berjuluk Ita Wotu Nusa itu agar kedepan bisa mempertahankan atau meraih nilai memuaskan dan sangat memuaskan.

“Biasanya kalau penghargaan kaya begini, pertama itu prestasi, kedua itu tantangan bagi kita untuk kedepan apakah kita tetap bisa mempertahankan ini malam baik atau ditingkatkan,” ucapnya.

Untuk mempertahankan predikat Sangat Baik, Pemda SBT terus berupaya melakukan edukasi penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan, di seluruh OPD Lingkup Pemda SBT.

“Ke depan kriteria tersebut tetap dapat dipertahankan dan ditingkatkan nilainya. Selanjutnya diikuti audit internal Perangkat Daerah Kabupaten SBT dengan target ‘baik dan sangat baik,” harap Sagala.

Untuk diketahui, Prestasi yang diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten SBT dengan kinerja “Sangat Baik”, khususnya dalam penyelenggaraan Kearsipan Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan yang berlangsung pada tanggal 22 – 23 Mei 2023 di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam Pengawasan Kearsipan daerah, Kabupaten SBT memperoleh peringkat ke 45 dari 508 Kabupaten/ Kota dengan predikat “Sangat Baik ” (BB) sesuai SK Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Nomor AK.01.02.25.2022 tanggal 7 Desember 2022 tentang Pengumuman Hasil Pengawasan Kearsipan.*** CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *