Widya MI Bunda PAUD Maluku Hadiri Komitmen Bersama Bunda PAUD se-Indonesia

Adventorial News

Jakarta, CakraNEWS.ID– Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad menghadiri acara Komitmen Bersama Bunda PAUD untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, bertempat di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Rabu (07/06/23).

Untuk diketahui, acara yang dihadiri Menteri Pendidikan, Riset, dan Teknologi RI Nadiem Makarim dan istri Franka Franklin Makarim ini, diikuti kurang lebih sebanyak 630 Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, sebagai dukungan atas Kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-24, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Jadi acara saat ini sangat luar biasa, disini kita dijelaskan terkait mengubah konsep pemikiran masyarakat khususnya orang tua bahwa kalau masuk SD itu harus sudah bisa baca tulis. Sebenarnya, belajar anak PAUD itu seharusnya menyenangkan. Memang boleh seperti kata pak menteri belajar baca tulis, tapi seharusnya dilakukan secara menyenangkan jadi tidak membebani anak,” kata Bunda PAUD Provinsi Maluku di Jakarta, Rabu.

Widya mengungkapkan, bahwa gerakan ini bertujuan untuk memastikan anak-anak yang tidak berkesempatan mengikuti PAUD, dapat memiliki hak yang sama untuk mendapatkan kemampuan dasar secara menyeluruh sehingga anak memiliki keterampilan, kemampuan dan kematangan yang holistik.

“Kami berkomitmen untuk mendukung gerakan transisi PAUD ke sekolah dasar yang menyenangkan,” ucap Widya.

Sementara itu dalam sambutannya Menteri Nadiem mengatakan untuk mengajak semua peserta, semua tenaga pendidik, semua masyarakat, agar melahirkan generasi pelajar Pancasila dengan kemampuan pondasi yang holistik dan kuat serta terus bergerak serentak mewujudkan Merdeka belajar.

“Kunci objektif terpenting dalam transisi PAUD hari ini adalah, pernyataan komitmen bersama kita untuk mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Ini adalah cerminan semangat utama Merdeka belajar yang kita junjung tinggi, dan kunci dari ini adalah kolaborasi,” katanya.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *