Gelar Raker PKK SBT, Misa Keliobas: Evaluasi Program Kerja dan Ajang Silaturahmi

Pemerintahan

SBT,CakraNEWS.ID- Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), bersama seluruh Tim Penggerak PKK se-Kabupaten SBT menggelar Rapat Kerja (Raker) III di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan, Kamis (17/02/ 2022).

Raker ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas program kerja se-Kabupaten SBT. Raker ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten SBT Jafar Kwairumaratu mewakili Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas.

Ikut hadir pada Raker tersebut Ketua TP PKK Kabupaten SBT Yulia Misa Keliobas, Wakil Ketua TP PKK Hayati Rumalutur, Ketua Darmawanita Persatuan SBT Yati Kwairumaratu, Pimpinan OPD Lingkup  SBT, para Camat serta Ketua dan Wakil Ketua dan Bendahra TP PKK se-Kabupaten SBT.

Untuk diketahui, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT Yulia Misa Keliobas kembali dilantik pada periode kedua kepemimpinan Bupati Mukti Keliobas dan Wakil Bupati Idris Rumalutur pada tanggal 26 Februari 2021 tahun lalu di Kota Ambon oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT masa bakti 2021-2026.

Pada pelaksanaan Raker III PKK Kabupaten SBT Misa Keliobas melalui sambutanya menyampaikan, perjalanan PKK Kabupaten SBT sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati. Ia mengajak dalam pelaksanaan Raker itu tentunya dibutuhkan kerja sama dalam membangun Kabupaten SBT.

Menurut Misa Keliobas yang juga Nina Parenting Kabupaten SBT itu, Raker III PKK Kabupaten SBT yang diselenggarakan merupakan bobotan tinggi dalam organisasi gerakan PKK di Indonesia juga menjadi ajang musyawarah untuk menentukan arah kemajuan di masa yang akan datang.

“Sesuai dengan misi PKK terwujudnya keluarga sehat, cerdas berdaya beriman dan bertaqwa menuju Indonesia maju di tahun 2024,” ucapnya.

Selain itu lanjut Misa, pelaksanaan Raker itu merupakan agenda prioritas untuk mendorong keluarga berencana Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2021 sampai dengan  2024 dalam memperkuat pertahanan pembantu revolusi mental serta pelayanan dasar dan juga lingkungan hidup.

Dikatakan, Bunda PAUD SBT itu, PKK hadir dengan misi untuk membentuk karakter melalui pola asuh yang sesuai dengan nilai dasar pancasila serta meningkatkan perekonomian keluarga pertahanan keluarga melalui penumbuhan pangan, peningkatan kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan seluruh aspek kehidupan keluarga lainnya dengan modernisasi dalam pemanfaatan teknologi dan informasi.

“Hasil dari setiap Raker disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Program PKK harus bersinergi dengan program pemerintah untuk saat ini yang menjadi program unggulan kita penanganan Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Misa menegaskan, Beberapa program pemerintah daerah juga menjadi tanggung jawab PKK sebagai mitranya. Pasalnya, Menurut Misa pada pelaksanaan Raker III tersebut guna menyusun program dan kegiatan PKK dimana disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat efektif dan efisien dengan tidak mengabaikan program pemerintah daerah.

Istri orang nomor satu di Kabupaten SBT ini juga menyebutkan, Raker tersebut dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi diantara sesama pengurus tim penggerak PKK se-Kabupaten SBT dan berbagi informasi serta pengalaman dari masing-masing pengurus PKK pada 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten SBT.

“Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam perjuangan gerakan PKK disebuah jenjang kepengurusan sampai pengurus Dasawisma,” urainya.

Sementara itu, Penjabat Sekda Kabupaten SBT Jafar Kwairumaratu dalam sambutnya mewakili Bupati Abdul Mukti Keliobas menyampaikan, Kehadiran pemberdayaan masyarakat sangat penting sebagai salah satu unsur penggerak pembangunan.

Selain itu, lanjut Kwairumaratu Untuk membangkit perekonomian masyarakat dan fungsi sebagai mitra pemerintah daerah.

“Atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih eksistensi dalam kehadiran Tim Penggerak PKK yang menjadi salah satu pilar perekonomian SBT,” ucapnya.

Kwairumaratu menjelaskan, Perjalanan tim penggerak PKK sudah lebih dari tiga dasawarsa dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam memberdayakan keluarga di Indonesia agar menjadi rakyat sejahtera.

Lanjut Kwairumaratu, Rapat kerja PKK Kabupaten SBT  ke-3 tahun 2021 semakin memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari masyarakat serta di laksanakan seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan.

“Melalui kemitraan dan sinergitas mewujudkan keluarga sehat sejahtera Indonesia maju ini memberi makna bahwa tim penggerak PKK harus memahami dengan baik tugas dan fungsinya,” tukasnya.

Menurut Sekda Kwairumaratu, Mewakili Bupati Mukti Keliobas agar kedepannya PKK SBT mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan ekonomi dalam kehidupan kemasyarakatan.

Untuk diketahui, menurut informasi yang dihimpun media ini saat dikonfirmasi Ketua TP PKK Kabupaten SBT kegiatan Raker tersebut pelaksanaannya sampai pada tanggal 18 Februari 2022 yang merupakan acara puncak Raker. Selain itu,  momentum untuk memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK di Kabupaten SBT. *CNI-07

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *