Kodam XVI/ Pattimura, Gelar Pelatihan Jurnalistik Kepada Prajurit Tingkatkan Kemampuan Teknologi Digital 

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Dinamika kemajuan komunikasi berbasis teknologi digital yang terjadi secara global juga menjadi perhatian serius dan kepedulian Panglima Kodam XVI /Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq.

Olehnya sebagai langkah untuk membenahi dan memperbaharui pengetahuan dan keterampilan personil TNI AD di era digitalisasi tersebut, Kodam XVI/Pattimura melakukan pelatihan Jurnalistik kepada Satuan Penerangan dan Kesatuan-Kesatuan diwilayah Kodam XVI/Pattimura, bertempat di aula Makodam, Kota Ambon, pada Rabu (18/09/2019).

Kegiatan pelatihan Jurnalistik yang berlangsung selama 4 hari ini  dimulai pada Rabu (18/9/2019) hingga Sabtu (21/9/2019) tersebut menghadirkan tim pemateri berlatar belakangan Akademisi dan Praktisi Komunikasi yang berlatar belakang Jurnalis dari media cetak dan media elektronik.

Para tim pemateri Jurnalistik kepada jajaran Penerangan Kodam XVI/Pattimura tersebut diantaranya, Produser yang juga Koordinator Liputan 6 SCTV dan Indosiar, Satya Pandia dan mantan wartawan senior yang juga akademisi, Dr. Jannus Timbo Halomoan Siahaan.

“Dewasa ini, informasi sudah menjadi suatu komoditi primer, bahkan dijadikan alat untuk membentuk opini publik yang mempengaruhi dan mengendalikan pikiran, sikap dan perilaku manusia. Dalam ruang informasi yang begitu luas dimana era keterbukaan menjadi hal yang mendominasi, yang mana tugas jurnalistik menjadi salah satu sektor kehidupan yang menonjol,” kata  Panglima Kodam XVI /Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dalam amanatnya.

Jenderal dua bintang emas itu mengatakan, pelatihan juga diharapkan membangun jiwa kewartawanan yang profesional, sesuai dengan perkembangan peradaban digital namun tetap merujuk pada Kode Etik Jurnalistik yang berlaku.

Kalangan peserta pelatihan mengakui kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan langkah yang sangat positif bagi jajaran penerangan Kodam XVI/Pattimura dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang diperlengkapi dengan sarana dan prasarana yang tepat sesuai dengan dinamika komunikasi di era digital.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Tim Akademisi dan Praktisi Komunikasi yang telah berkenan memenuhi undangan memberikan pelatihan jurnalistik kepada para perwira dan seluruh Prajurit, beserta Ibu-ibu Persit KCK PD XVI/Pattimura,” ujar Pangdam.

Pangdam berpesan, sekalipun alikasi waktu pelatihan ini sangatlah singkat, namun kegiatan pelatihan ini hendaknya dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menyerap pengetahuan dan ketrampilan aktual bidang teknologi digital disamping pemikiran, pandangan dan pengalaman yang dimiliki para pemateri. Dengan adanya transfer pengetahuan dan ketrampilan itu setiap peserta juga mampu secara persis mengidentifikasi  persoalan  maupun kendala yang masih sering dihadapi sebagai insan media penerangan.

Pemateri Dr. Jannus Timbo Halomoan Siahaan, memaparkan cara menulis berita dan teknik pengambilan foto yang benar.

“Diharapkan setelah diadakan pelatihan ini para Perwira, Prajurit, dan ibu Persit dapat mengirimkan berita dengan benar, sehingga apa yang dilakukan oleh jajaran Kodam XVI/Pattimura dapat terkekspos secara luas di seluruh media lokal dan nasional. Minimal Menguasai dalam hal pengeditan foto atau video, penulisan berita dan mampu melawan berita palsu atau hoax,” ujar Jannus.

Sementara itu, Pemateri Satya Pandia menguraikan tentang trik dan teknik pengambilan gambar video yang terbaru.

“Saya menilai awak media Pendam XVI/Pattimura sebenarnya sudah memiliki kualifikasi yang memadai, namun dituntut untuk terus mengasah ketrampilan guna menyesuaikan dengan perkembangan dunia pertelevisian termasuk menggunakan saluran komunikasi digital aktual dalam menyebar luaskan informasi kegiatan-kegiatan di wilayah teritorial Kodam XVI/ Pattimura,”tutur Satya Pandia. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *