Kompolnas : Kinerja Bareskrim Polri, Tangkap Tersangka Pembuat Dan Penyebar Lagu Indonesia Raya, Cepat Dan Sungguh Membanggakan

Nasional

CakraNEWS.ID- Keberhasilan Dittipidsiber Bareskrim Polri bekerja sama dengan Diraja Malaysia (PDRM) dalam mengungkap para pelaku pembuat dan penyebar Parodi Lagu Indonesia Raya di apresiasi oleh Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS).

Ungkapan tersebut, disampaikan Juru Bicara Kompolnas, Poengky Indarti,SH, LLM, dalam rilis tertulis pesan Whatsapp, kepada Wartawan, Sabtu (2/1/2021).

“Kompolnas mengapresiasi kerjasama yang baik antara Polri dan PDRM (Kepolisian Diraja Malaysia). Polri melalui Dittipidsiber Bareskrim Polri bersama dengan Siber Polda Metro Jaya dan Siber Polda Jawa Barat telah berhasil menangkap pelaku di Cianjur,”ucap Poengky Indarti.

Baca Juga: Dittipidsiber Bareskrim Polri, Amankan 2 Remaja WNI Pembuat Dan Penyebar Parodi Lagu Indonesia Raya

Poengky mengatakan, keberhasilan Bareskrim Polri, dalam pengungkapan kasus dan penangkapan tersangka secara cepat dan sungguh membanggakan.

“Sangat tepat jika Dittipidsiber Bareskrim Polri diperkuat, termasuk jajarannya di tingkat Polda dan Polres. Profesional Siber diperlukan mengingat semakin meningkatnya kejahatan Siber,”tutur Poengky.

Ia menuturkan, memang perkembangan IT yang ditambah dengan berkembangnya media sosial ternyata juga memberikan peluang bagi meningkatnya kejahatan-kejahatan dengan menggunakan IT. Misalnya penipuan, pornografi, penyebaran hoax, ujaran kebencian, ancaman2 kepada orang lain, peretasan, gangguan sistem.

“Saya setuju patroli siber juga perlu dilakukan untuk tindakan preventif dan preemtif. Penting tindakan preventif dan preemtif sebagai upaya mengedukasi masyarakat agar dapat membedakan mana kebebasan berekspresi dan kebebasan berpendapat, dengan syiar kebencian dan hoax,”ujar Poengky.

Baca Juga: Kompolnas: Masyarakat Jangan Terpacing Dengan Isu Viral Lagu Indonesai Raya Yang Di Ubah Dengan Unsur Penghinaan

Ia berharap, Polri dalam meningkatkan penguatan jumlah personil Cyber melalui peningkatan kualitas SDM, Sarpras dan anggaran untuk semakin meningkatkan profesionalitas Dittipidsiber.

“Saat ini Dittipidsiber hanya punya 2 subdit operasional, sementara direktorat lain ada 5 subdit operasional. Olehnya itu Kompolnas berharap Polri dapat meningkatkan personil Cyber melalui peningkatan SDM, Sarpras dan anggaran,”Pungkasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *