KSOP Kelas I Ambon Bersama, Perusahaan Jasa Angkutan Laut Sediakan “MUDIK BARENG ASIK LANCAR ”

Pemerintahan

Maluku,CakraNEWS.ID- Antisipasi adanya kelonjakan penumpang jelang  arus mudik lebaran 1440/Hijria, disikapi olek kantor Syabandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelasa 1 Ambon dengan melakukan koordinasi bersama perusahaan jasa angkutan laut untuk menyiapkan sarana dan prasaran transportasi menghadapi arus mudik.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Harian (PLH) KSOP Kelas 1 Ambon Ferra Alfaris, selaku insektur upacara pada apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan posko angkutan laut jelang Lebaran, dengan melibatkan Polsek KPYS, Basarnas, Jasaraharja, PT. Pelni Cabang Ambon, Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon serta ASDP, bertempat dilapangan upacara kantor KSOP kelas 1 Ambon pada Senin (20/5/2019).

Gelar pasukan yang diselenggarakan merupakan kegiatan terpusat yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dibawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, dalam amanatnya yang dibacakan Pelaksana Harian Kantor KSOP Kelas 1 Ambon Ferra Alfaris, mengatakan, kelonjakana arus mudik  yang menggunakan jasa angkutan laut pada Lebaran 1440/H Tahun 2019 di perkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sekitar 4,80%  yang bila di bandingkan dengan realisasi angkutan lebaran tahun 2018 .

“Dari data yang ada realisasi angkutan lebaran tahun 2018 adalah sebesar 1.830.289 orang dengan data tersebut diprediksi akan ada kenaikan 4,80% pada tahun ini dan diperkirakan sebanyak 1.918.182 orang akan menggunakan transportasi laut,” jelas Alfaris.

Ia mengatakan, olehnya itu, menyikapi kelonjakan penumpang pada pelaksanaan Lebaran nantinya, pihak KSOP Kelas I Ambon bersama dengan Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran akan menyiapkan Posko Angkutan Laut Lebaran 1440 H Tahun 2019 yang dimulai dari H-15 yakni pada 21 Mei 2019 sampai dengan H+15 pada 21 Juni 2019 mendatang.

Posko ini dilengkapi dengan berbagai peralatan yang cukup baik seperti monitor CCTV, Tracking System untuk Kapal penumpang dan kapal perintis, serta aplikasi pelaporan naik atau turun penumpang di 51 Pelabuhan pantau seluruh Indonesia.

“Seperti kita ketahui penyelenggaraan Angkutan Lebaran yang setiap Tahun dilaksanakan bertujuan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Masyakarat yang akan melaksanakan mudik untuk merayakan Hari Raya Idhul Fitri atau kekampung halaman,”Ucapnya.

Lanjut dikatakannya, kegiatan Apel kesiapan pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran 1440 H Tahun 2019 yang diselengarakan, bertujuan untuk memantapkan koordinasi antar petugas atau instansi terkait atau penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran sehingga Masyarakat dapat melakukan perjalanan mudiknya dengan aman, selamat, tertib dan nyaman

“Kementrian Perhubungan telah bertekad untuk terus menjamin penyeleng garaan angkutan Lebaran sebagai mana slogan mudik pada tahun 2019 yaitu ‘MUDIK BARENG ASIK LANCAR’. Ungkapnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *