Peringati Hari Ibu, Polda Maluku Gandeng Pemprov dan TNI Gelar Jalan Sehat

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Untuk memperingati hari Ibu ke-91 tahun 2019, Polda Maluku menggandeng Pemerintah Provinsi Maluku, Kota Ambon, dan seluruh jajaran TNI menggelar jalan sehat, yang dilaksanakan di Kota Ambon, (7/12/2019). Jalan sehat ini diikuti oleh seluruh personil TNI/Polri, dan ASN serta masyarakat di Kota Ambon, dengan total peserta mencapai 7.000 orang. Kegiatan tersebut mengambil titik start dari depan Gong Perdamaian Dunia, kemudian melintasi sejumlah ruas jalan di Kota Ambon, dan finis di lapangan merdeka.

Ribuan peserta jalan sehat tersebut dilepas langsung oleh, Ketua TP-PKK Maluku, Ny. Widya Murad Ismail, Ketua Bhayangkari Polda Maluku Ny. Swanly Royke Lumowa, Persit Candra Kirana Kodam XVI Pattimura, ketua Jalaselastri Lantamal IX Ambon dan Ketua PIA Ardhya Garini Lanud Pattimura Ambon.  Serta turut dihadiri oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs, Murad Ismail, Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI, Dr. Marga Taufiq, Dan Lantamal IX/Ambon, Laksamana Pertama Budi Purwanto, Ketua Walubi Maluku dan seluruh perwakilan instansi, turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Ketua TP-PKK Maluku, Widya Murad Ismail mengatakan, pada dasarnya setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. “Dengan tubuh yang sehat dan bugar, kita semua khususnya kaum Ibu dan perempuan, dapat menjalankan perannya sebagai Perempuan Berdaya, yang berperan besar dalam mewujudkan sumberdaya manusia lndonesia,yang berkualitas dan berdaya saing,” kata Widya, dalam saat memberikan sambutan, sesaat sebelum melepaskan peserta jalan sehat itu.

Menurutnya, merujuk pada tema Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 yaitu ‘Perempuan Berdaya lndonesia Maju’, maka sudah sepatutnya kaum Ibu, terutama perempuan Maluku, mampu memberdayakan dirinya dan juga keluarganya. Tidak hanya memberdayakan diri dalam aspek sosial ekonomi, tetapi juga memberdayakan fisik dan phisikis yang prima. Artinya meskipun ditengah-tengah kesibukan, kaum ibu dan perempuan harus mampu menerapkan pola hidup sehat, guna menjaga kesehatan.

“Pola hidup sehat dapat kita lakukan antara lain dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara rutin dan teratur, serta istirahat yang cukup,”ujarnya.

 

Mantan ketua Bhayangkari Polda Maluku ini mengungkapkan, kebiasaan berolahraga harus menjadi budaya yang melekat dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

“Ini bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, seperti Jalan Sehat di pagi ini, sebab tidak ada kata terlambat untuk mulai berodahraga,” ujar isteri Mantan Kapolda Maluku.

Ditambahkan, menciptakan pola hidup sehat juga berkaitan erat dengan membangun relasi-relasi kemanusiaan.

“Dengan berolahraga bersama, akan tercipta ruang kebersamaan yang harmoni, yang dapat mempererat rasa persaudaraan dan persahabatan diantara kita,”ungkap Widya.

Melalui momentum Jalan Sehat Keluarga dalam rangka menyambut Hari Ibu tanggal 22 Desember mendatang, Mantan Ketua Bhayangkara  Korps Brimob Polri ini mengajak, semua kaum ibu dan perempuan Maluku, untuk kuatkan tekad dan semangat, berjalan beiringan membangun keluarga yang sehat.

“Mari katong baku kele, mari katong baku keku, mari katong bangun keluarga Maluku yang sehat. mandiri dan sejahtera. Mulai hari ini, mari katong budayakan pola hidup sehat, dimulai dari diri sendiri. di dalam keluarga, sampai ke lingkungan masyarakat ,” tandas isteri Gubernur itu.

Selesai pelaksanaan jalan sehat, peringatan hari ibu ini, dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti oleh seluruh peserta jalan sehat. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala serta hadiah kepada pemenag lomba masak ikan kuah kuning, dan lomba merangkai dalam memeriahkan hari ibu ke 91 yan di serahkan oleh ibu ketua PKK Provinsi Maluku, ibu ketua pengurus daerah Bhayangkari Maluku, ibu ketua Jalaselastri Lantama IX Ambon, dan ibu ketua PIA Lanud Pattimura Ambon. Selesai penyerahan hadiah dan piala acara di akhir dengan pembagian door prize serta foto bersama. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *